Ajak Mahasiswa Lestarikan Kebudayaan di Sumsel

Ajak Mahasiswa Lestarikan Kebudayaan di Sumsel Suasan Pembukaan Karnaval Budaya Sriwijaya 2017 dengan tema “Sriwijaya di Langit Sumatera” di lapangan UIN Raden Fatah yang digelar UKMK seni dan budaya Teater Arafah UIN Raden Fatah, Sabtu (16/12)

RIMAUNEWS.COM, Palembang- UKMK seni dan budaya Teater Arafah Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah mengelar Karnaval Budaya Sriwijaya 2017 dengan tema “Sriwijaya di Langit Sumatera” di lapangan UIN Raden Fatah, Sabtu (16/12). Dalam kegiatan ini memperkenalkan berbagai macam kebudayaan di Sumatera Selatan (Sumsel).
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Irene Camelyn Sinaga mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan Karnaval Budaya Sriwijaya yang memperkenalkan kebudayaan baik dari seragam, tarian, musik dan lainnya. “Saya bangga dengan mahasiswa yang mengadakan acara karnaval budaya karena ini bagus sekali selain mereka memperkenalkan kepada masyarakat juga kegiatan ini sekaligus melestarikan kebudayaan,” kata Irene.
Menurut Irene, Generasi saat ini anak muda masih banyak yang belum mengetahui tentang apa saja kebudayaan yang ada di Sumsel seperti Tari Gending Sriwijaya. “Sekarang ini mereka masih banyakyang belum mengerti baik dalam bentuk dan gerakan dari Tari Gending Sriwijaya kan harus ada protaknya baik dari sisil tampilan personil, dan saat penyambutan tamu harus lebih fleksibel lagi,” ungkapnya.
Irene menambahkan, pihaknya berharap generasi saat ini kedepannya harus berupaya melestarikan kebudayaan baik kepada keluarga, teman, dan lingkungan sekitar. “Kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan agar budaya-budaya di Sumsel ini terus dilestarikan apalagi nanti akan ada Asian Games, mahasiswa juga harus turut mensuskeskannya,” pungkasnya.

(Hadi Wibowo)

Komentar