Asian Games, Pemprov Bakal Gelar Dua Event Besar

Asian Games, Pemprov Bakal Gelar Dua Event Besar

rimaunews.com, Palembang-Menjelang pergelaran event olahraga terbesar Asian Games 2018 yang hanya tinggal menghitung hari, Pemerintah Provinsi (Pemprov) bakal menggelar dua event besar yakni Indonesiana dan Internasional Composium of Sriwijaya Kingdom.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Irene Camelyn Sinaga mengatakan, dua even besar ini akan dilakukan untuk menyambut even Asian Games. Namun, pihaknya belum dapat memastikan kapan dua even ini akan dilaksanakan. "Kami masih merapatkan terlebih dahulu kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan dua event ini," kata Irene saat dihubungi, Rabu (22/11).

Irene menjelaskan, untuk event Indonesiana akan digelar bersama di beberapa daerah di Indonesia untuk menyambut Asian Games, sedangkan untuk even International Composium Of Sriwijaya Kingdom lebih memfokuskan tentang Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai tempat kerajaan Sriwijaya. “Jadi dalam Asian Games nanti ini juga kita memperkenalkan kepada wisatawan lokal maupun asing tentang sejarah yang ada di Sumsel seperti kerajaan Sriwijaya,” ujarnya.

Untuk even lain, lanjut Irene, dirinya mengaku belum dapat menentukannya mengingat pihaknya lebih memfokuskan Asian Games. Namun, yang pasti event yang akan terselenggarakan di Sumsel 2018 akan berbeda dengan tahun 2017. "Mudah-Mudahan awal Desember, kami dapat menyelesaikan agenda event yang akan dilaksanakan di Sumsel," harapnya.

Untuk tahun 2017 ini, ada 42 event yang akan diselenggarakan di Sumsel seperti di OKU Selatan ada jelajah alam serasan seandanan, Pagaralam ada festival dempo, Lubuk Linggau ada festival dusun lame dan musi triboatton di Palembang, Banyuasin, Muba, Mura, Empat Lawang, serta berbagai even lainnya. “Kami berharap event Asian Games ini bisa untuk memikat para wisatawan baik nusantara maupun mancanegara untuk berkunjung ke Palembang,” tukasnya.

(Hadi Wibowo)

Komentar