Deru: Kita Percaya Kerajaan Sriwijaya Itu Ada

Deru: Kita Percaya Kerajaan Sriwijaya Itu Ada

RIMAUNEWS.COM, Palembang- Perkataan Budayawan Betawi, Ridwan Saidi mengenai kerajaan Sriwijaya Fiktif ditanggapi Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru dengan santai. Menurutnya, sah-sah saja jika seseorang mengeluarkan statement mengenai Sriwijaya namun dirinya tidak ambil pusing jika argumen tersebut sedikit menyimpang. "Saya minta statement demikian tidak seharusnya kita bahas, karena kita percaya kerajaan Sriwijaya ada, petilasannya banyak. Itu mungkin pendapat dirinya pribadi," jelas Deru, disela-sela menemani Menteri Pertanian, Rabu (28/8).

Tidak sampai di situ, Deru mengatakan jika dirinya lebih percaya pada pendapat para ahli dalam melihat sejarah Kerajaan Bahari Sriwijaya. Menurutnya pendapat satu orang yang kontra juga lama kelamaan akan meredam dengan sendirinya karena tidak didasari keilmuan yang jelas. "Yang mengatakan adanya kerajaan Sriwijaya itu para ahli, tidak seketika saja tetapi melalui penelitian," beber dia.

Jika ditelusuri lebih jauh Deru meyakini petilasan dan peninggalan kerajaan yang dipercaya berada di tepian sungai Musi tersebut akan menunjukan bukti yang jelas. "Bahkan sampai peninggalan sejarahnya sudah ditelusuri oleh para ahli bukan satu dua orang saja, lalu peninggalan megalitnya, serta arkeolog sudah turun," jelas dia.

(Aan Wahyudi)

Komentar