2 Alasan Ini BI Naikkan Cadangan Uang Tunai, Jelang Natal dan Tahun Baru

2 Alasan Ini BI Naikkan Cadangan Uang Tunai, Jelang Natal dan Tahun Baru Petugas BI Sedang Menyusun Uang Rupiah. Foto Ist

 

RIMAUNEWS.COM, Palembang - Jelang libur panjang Natal dan tahun baru 2018, Bank Indonesia atau BI kanwil Sumsel meningkatkan keteresediaan uang tunai yang akan didistribusikan ke perbankan.

Prediksi sementara, dibandingkan kondisi Natal dan Tahun Baru 2016 lalu, untuk 2017 ini dikalkulasikan mengalami kenaikan sebesar 10 persen. Dengan nilai tunai disiapkan sebesar Rp 5,5 triliun

Setidaknya, ada dua alasan yang dipertimbangkan oleh BI dalam menghadapi dua momen tahunan tersebut.

Pertama, kata Deputi Direktur BI Kanwil Sumsel, M Seto Pranoto, kenaikan kebutuhan uang ini karena dipicu harga-harga barang kebutuhan pokok yang semakin naik jelang akhir tahun.

Kenaikan harga tersebut, lanjutnya, karena ada perayaan natal dan tahun baru. Lalu, alasan keduannya, kenaikan tarif angkutan udara yang melejit.

Kedua momen tahunan tersebut membutuhkan stok uang yang tinggi. Kesiapan uang tunai tersebut diperuntukan kebutuhan semua perbankan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru.

Secara pesentase, akuinya tak alami kenaikan terlalu tinggi dibandingkam kondisi tahun sebelumnya. Namun, ketersediaan uang ini diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat akan uangh tunai.


(Agya S Yansori)