3 Even Ini, Prediksi Menkeu Sri Dongkrak Ekonomi

3 Even Ini, Prediksi Menkeu Sri Dongkrak Ekonomi Tumpukan Mata Uang, Rupiah dan Dollar AS. Foto Ist

RIMAUNEWS.COM, Jakarta - Meski ada yang menganggap pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau pilkada serentak 2018, beda hal dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Bahkan, tahun depan tak hanya 1 even, ada 2 even lagi dalam pandangan Sri Mulyani mampu menopang pertumbuhan ekonomi. Kesemuannya, merupakan bersifat even atau kegiatan.

"Kita akan lakukan pilkada serentak, ini diharapkan justru memberikan efek positif bukan negatif, karena proses politik terbuka, akan memberikan dampak pada belanja, karena kandidat melakukan," kata Sri Mulyani.

Lalu, ada pehelatan Asian Games yang akan berlangsung di DKI Jakarta dan Palembang ini dipantau ketat oleh Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla (JK).

Jelang pelaksanaannya, sudah banyak dana pemerintah dan swasta, yang dikucurkan untuk pesta olaharaga negara se-Asia tersebut. "Akan banyak dana yang dibelanjakan para kontestan dan juga tamu yang hadir sepanjang gelaran itu,"ungkapnya.

Apalagi, lanjut dia, ini perhelatan tengah tahun, dengan idul fitri yang maju 11 hari, maka kuartal III akan mendapatkan belanja dari hadirin yang datang untuk saksikan Asian Games. "Saya berharap memberikan sentimen positif yang meningkatkan perekonomian pada kuartal III."

Sudah ada 2 even awal, akan memberikan efek terhadap pertumbuhan ekonomi, yakni pilkada serentak dan Asian Games 2018. Lalu, kegiatan ketiga dalam pandangan menkeu akan memberikan dampak juga, yakni IMF-World Bank yang berlangsung pada Oktober 2018.

Apalagi, situasi Gunung Agung dipastikan sudah aman. Sehingga pariwisata di Bali bisa berjalan normal kembali.

(Agya S Yansori)