4 Tanaman Ini Mengandung Pestisida Kimia Tinggi ?

4 Tanaman Ini Mengandung Pestisida Kimia Tinggi ? Aktivitas Petan di Sawah. Foto Ist

RIMAUNEWS.COM, Pagaralam- Meski tak ada lagi anggaran untuk diperiksa ke lab di Kota Bogor atau Jakarta, naungan Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), namun Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kota Pagaralam tetap melakukan pengecekan melalui test kit, alat pengecekan pestisida.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kota Pagaralam, Ir Prima Dina Razak, melalui Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan, Sisti Gustini SE mengatakan beberapa jenis tanaman ini memang cukup tinggi penggunaan pestisidanya, seperti untuk tanaman cabai, kol (kubis, red), tomat, dan seledri.

Penilaian tersebut, lanjutnya, jenis tanaman sayuran tersebut, pernah dilakukan uji lab untuk mengecek residu kimia yang terkandung di sayuran. Namun, sejak beberapa tahun terakhir tidak ada lagi anggaran untuk pengujian lab, lantaran dicoret.

Terakhir pengecekan hasi pertanian diperiksa, sekitar 2014 lalu kita melakukan pengujian residu beberapa jenis sayuran yang dikirim ke lab di Kota Bogor atau Jakarta, naungan Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI).

Empat macam zat kimia yang diperiksa seperti Organklorin, Endrin, DDT, dan Malation. Pastinya, ada resiko mengonsumsi sayuran beresidu kimia tinggi, kata, berdampak buruk bagi kesehatan. “Memang tidak spontan atau cepat mempengaruhi bagi kesehatan manusia, namun bisa dirasakan dalam waktu lama, seperti penyakit kanker otak dan kanker hati atau lainnya,” ulasnya.

Selain itu, penggunaan pestisida yang berlebihan, juga tidak bagus bagi struktur tanah. “Kita imbau juga kepada masyarakat petani di Kota Pagaralam, paling tidak mengurangi frekuensi penyemprotan atau penggunaan pestisida,  atau bisa menggunakan pupuk organik atau kandang,” imbaunya.

Dinas terkait, melalui petugas keamanan dan mutu pangan, juga rutin mengambil sampel untuk pengujian langsung  menggunakan test kit, alat pengecekan pestisida. Sampel diambil di daerah Kerinjing, Cawang Tanjung Agung, Pagar Gading, termasuk di daerah pasar, mengecek kandungan residu sayuran yang didatangkan dari daaerah lain.

 

(Agya S Yansori)