Bayar Tunggakan BPJS, Tunggu ABT dan Dana Sharing

Bayar Tunggakan BPJS, Tunggu ABT dan Dana Sharing Logo BPJS

rimaunews.com, PAGARALAM - Klaim Jaminan Sosial Kesehatan atau Jamsoskes tahun 2016 lalu sebesar Rp3.447.046.517 miliar, rencananya akan segera dibayar Pemkot Pagaralam. Bagaimana sumber dananya ? Setidaknya ada 2 pos yang akan dibayarkan?
Pertama, kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pagaralam, Lili Ernani SE MKes, melalui Kabid Pelayanan dan SDK, Desi SE, melalui Staf Pengelola Jamsoskes, Herleni, tunggakan klaim berobat gratis ini akan dibayar di tahun ini juga, melalui anggaran ABT.
Dimana, saat ini masih menunggu pencairan dananya. Adapun tunggakan ini untuk pembayaran klaim dari Puskesmas, RSUD Besemah, dan rumah sakit rujukan, baik yang ada di Lahat, Muraenim dan Palembang.
Mengenai anggaran berobat gratis melalui program Jamsoskes ini, lanjut Herleni, Pemkot Pagaralam melalui APBD Kota Pagaralam, sudah menyiapkan Rp2 miliar, ditambah dengan sharing APBD Provinsi Sumsel Rp1,5 miliar.
Dana yang disiapkan untuk pembayaran klaim berobat di 2017 totalnya Rp3,45 miliar ini telah habis. “Anggaran untuk klaim beribat sudah habis dibayarkan. Sementara, dari laporan yang kita terima, realisasi pembayaran klaim Jamsoskes ini, untuk Puskesmas, sudah dibayar hingga November.”
Klaim RSUD Besemah dibayar di Agustus lalu, sedangkan rumah sakit di luar daerah (pasien yang dirujuk,red) di Oktober lalu sudah dibayar. “Tahun ini anggaran yang disiapkan melalui dana sharing Rp3,5 miliar sudah habis terbayarkan. Untuk klaim terhutang ini tetap akan kita usulkan dibayar melalui dana ABT di tahun depan,” kata dia.
Dua tahun belakang, anggaran yang disiapkan Pemkot Pagaralam melalui APBD tidak mengalami perubahan. Di 2015 Rp2 miliar, dan 2016 Rp2.096.880.000.

(Agya S Yansori)