Harga Beras Naik, Kadisdagper: Pintar-pintar Menawar

Harga Beras Naik, Kadisdagper: Pintar-pintar Menawar Pedagang Beras Cek Dagangannya

RIMAUNEWS.COM, Martapura- Petani di wilayah Belitang banyak yang mengalami gagal panen, biasa mampu menghasilkan 5 ton gabah per hektar kini anjlok. Saat ini, produksi per hektarnya hanya menjadi 1 hingga 2 ton. Dampaknya, kepada penjualan beras di pasar ?
Dimana, seorang agen di Pasar Martapura diperkirakan mampu menjual 5 pikul atau 500 kilogram kini hanya 1 pikul saja atau 100 kilogram.
Atas fenomena tersebut, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Kadisdagper) OKU Timur Sri Inarsih Ssos, Selasa (12/12/2017) mengakui sudah mendapatkan laporan tersebut, termasuk naiknya harga beras di pasar.
Menurutnya, kenaikan harga beras ini dikarenakan banyaknya petani yang gagal panen di beberapa wilayah di Kabupaten OKU Timur. Namun, akuinya, kenaikan harga beras dan beberapa sembako saat ini masih dalam batas wajar dan masih terjangkau oleh masyarakat.
Kepada konsumen, dirinya menghimbau untuk lebih selektif dan pintar-pintar berbelanja kebutuhan pokok. “Saat berbelanja dipasar agar ditawar. Jadi masyarakat harus pintar-pintar untuk menawar,” sebutnya.

(Agya S Yansori)