Palembang Bakal Kehabisan Lahan, Ini Alasan Dinas Pera KP ?

Palembang Bakal Kehabisan Lahan, Ini Alasan Dinas Pera KP ? Foto Ilustrasi Kawasan Perumahan

rimaunews.com, PALEMBANG – Asumsi luas Kota Palembang 40 ribu hektar dan setengahnya merupakan daerah rendah, diperkuat proyeksi bakal banyaknya pembanguanan perumahan, maka luas lahan untuk pembangunan kawasan pemukiman terpadu akan sangat sulit dicari untuk 20 tahun lagi.

Inilah yang menjadi perhatian dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Pera KP) Kota Palembang. Bahkan, pihaknya memprediksikan para pengembang kedepannya, akan mulai menawarkan konsep perumahan vertikal, alias rumah bertingkat atau rumah susun.

“Lahan kosong yang bisa dibangun menjadi perumahan semakin sedikit, diperkirakan 20 tahun lagi Palembang akan membangun rumah bertingkat karena tidak ada lagi lahan untuk dibangun menjadi perumahan,”kata Kabid Perumahan Dinas Pera KP Kota Palembang, Albert Medianto, Rabu (6/12/2017).

Alasan lainnya, beber dia, hingga saat ini kebutuhan rumah di Palembang masih sama seperti tahun lalu yaitu sebanyak 13 ribu unit. Ada sejumlah kawasan di metropolis dijadikan perumahan oleh para pengembang, seperti di Kalidoni, Sematang Borang, Gandus, Alang-alang Lebar, Karyajaya dan Sukarami.

(Agya S Yansori)