Pertumbuhannya 26 Kali Lipat di 2017, Ini Dia Sektornya ?

Pertumbuhannya 26 Kali Lipat di 2017, Ini Dia Sektornya ? Maket Stasiun LRT di Palembang. Foto ist

RIMAUNEWS.COM, Palembang - Berdasarkan sumber Pengolahan Data, Sistem Informasi dan Pembinaan Pelaksanaan Penanaman Modal Kota Palembang di DPM PTSP, ada 1 sektor ekonomi yang kuantitas dan kualitasnya fantastis pertumbuhannya sepanjang 2017, hingga 31 Oktober lalu.

Dari sisi nilai investasi, sektor konstruksi menyumbang sebesar Rp 2,25 triliun lebih dari kinerja realisasi tahun ini sebesar Rp 5,3 triliun.

Bahkan, kata Kasi Pengolahan Data, Sistem Informasi dan Pembinaan Pelaksanaan Penanaman Modal, DPM PTSP Kota Palembang, Mauluddin SH, Kamis (14/12/2017), jumlah investor yang menanamkan modalnya di Kota Palembang di sektor konstruksi sebanyak 53 proyek.

Angka ini, lanjutnya, meningkat dari tahun 2016 hanya ada 2 proyek yang dijalankan di Kota Palembang. Artinya, dibandingkan tahun sebelumnya, realisasi jumlah proyek konstruksi melonjak hingga 26 kali lipat dibandingkan pencapaian tahun 2016 lalu.

Adapun alasan kenapanya ? Ia mengakui, Asian Games yang akan diselenggarakan di Palembang benar-benar akan berdampak pada pengembangan pembangunan dan pertumbuhan perekonomian di Palembang.

Secara keseluruhan, target investasi di tahun 2017 ini sudah tercapai pada Oktober 2017 lalu yaitu sebesar Rp 5,3 triliun. Optimisnya, kata dia, capaian target kami sudah terpenuhi, bahkan akan terus bertambah.

Jenis investasi yang ada saat ini diantaranya ada di sektor perdagang dan reparasi, transportasi gudang dan telekomunikasi, konstruksi, hotel dan reatoran, industri barang dari kertas dan percetakan, sektor kehutanan, industri karet barang dari karet dan plastik, sektor industri makanan, listrik gas serta air.

(Agya S Yansori)

Tags