Produksi Petambak Ikan Lokal Masih Rendah dari Kebutuhan

Produksi Petambak Ikan Lokal Masih Rendah dari Kebutuhan Aktivitas Pedagang Ikan di Pasar. Foto ist

RIMAUNEWS.COM, Pagaralam – Ternyata, produksi ikan kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) Pagaralam masih jauh untuk memenuhi perkiraan konsumsi masyarakat di Kota Besemah tersebut.

Ini diungkapkan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kota Pagaralam, Ir Prima Dina Rozak melalui Kabid Kelambagaan Perikanan, Dekky aprizal SP. “Produksi ikan yang ada baru mencukupi kebutuhan konsumsi sekitar 50 persen saja,”jelasnya.

Untuk itu, sentra perairan yang cukup pontensi untuk budidaya ikan di Kota Pagaralam sepertinya perlu perhatian serius untuk mencukupi konsumsi ikan bagi masyarakat Kota Pagaralam. “Produksi ikan di wilayah Kota Pagaralam belum mencukupi kebutuhan,”ungkapnya.

Produksi ikan di Kota Pagaralam pada 2016 lalu mencapai 1.206 ton. Dari jumlah ini, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk didapat kebutuhan konsumsi ikan 29,26kg perkapita pertahun.

Untuk mendongkrak produksi ikan dari Balai Benih selalu siap bibit ikan murni dan sehat diantaranya ikan mas dan nila. Sisi lain, pembinaan kepada peternak ikan dan UPR selalu dilakukan. Karena unit pembenihan rakyat merupakan andalan pengembangan ikan baik benih maupun untuk mencukupi kebutuhan konsumsi ikan bagi masyarakat di Kota Pagaralam.

(Agya S Yansori)