Target 42 Ribu Rumah FLPP Dibantu 40 Bank

Target 42 Ribu Rumah FLPP Dibantu 40 Bank Seorang Buruh Bangunan di Proyek Perumahan

RIMAUNEWS.COM, Jakata – target penyaluran Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tahun depan mencapai target 42.000 unit rumah yang dicanangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Angkanya, Kemen PU PR mengaku optimis target tersebut akan tercapai. Alasannya, adanya kerjasama yang dijalin antara Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Unit Organisasi Non Eselon di bawah Kementerian PUPR yang bekerjasama dengan 40 bank untuk menyalurkan FLPP.

Memulai kerja sama tersebut, PPDPP melaksanakan Perjanjian Kerjasama Operasional (PKO) dengan Bank 40 yang terdiri dari 6 Bank Nasional dan 34 Bank Pembangunan Daerah.

"Harapannya begitu, dengan lebih banyak bank yang ikut, lebih banyak akses masyarakat untuk KPR," kata Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Kementerian PUPR , Lana Winayanti.

Adapun sepanjang 2017 ini, Lana mencatat penyaluran FLPP baru mencapai sekitar 21.000 unit. ada hal yang menjadi kendala mengapa penyaluran FLPP masih jauh dari target atau baru sekitar 20% dari target sebesar 42.000 unit.

Pada 2018 mendatang, penyaluran dana FLPP oleh PPDPP ditarget Rp 4,5 triliun, yang mana Rp 2,2 triliun dari DIPA dan Rp 2,3 triliun dari optimalisasi pengembalian pokok, untuk 42.000 ribu unit rumah.

(Agya S Yansori)