Tingkatkan Profesionalisme Satpam

Tingkatkan Profesionalisme Satpam

RIMAUNEWS. COM, Palembang

Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) menggelar seminar dengan tema “Manfaat Badan Usaha Jasa Pengamanan” di Grand Atiyasa, Senin (7/10/2019). Seminar ini dihadiri Kapolda yang diwakili Dir Binmas Kombes Pol Drs. M. Son Ani, Ketua Abujapi Sumsel H.Novembriono SE, Dirut PT Global Anita, Plt Kasat Pol PP Sumsel Aris Saputra dan undangan lainnya.


Dir Binmas Polda Sumsel Kombes Pol. Drs. Son Ani mengungkapkan, seminar ini sudah direncanakan dari awal dan bulan ini baru terlaksana.

“Dalam seminar ini kita angkat manfaat dari BUJP dalam rangka keterkaitan dengan ouwner atau pengguna dari satpam ini. Kita ingin meningkatkan profesionalisme satuan pengamanan. Mulai dari awal perekrutan harus betul-betul yang sudah ada persyaratan tertentu. Semuanya melalui pendidikan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk pendidikan ini sendiri ada mata pelajarannya. Kemudian pengetahuannya diharapakan kualitasnya dapat ditingkatkan pelatihan dari satuan pengamanan (Satpam). Karena nanti akan berdampak dari hasil dilapangan. Satuan pengaman ini bukan lagi security tetapi sudah sebagai obyek tapi bagian dari perusahaan itu sendiri. Investasi, bisnis jika perusahan itu sendiri tidak aman tentu akan rugi. Makanya para perusahaan itu harus mengakui bahwa keberadaan satuan pengamanan yang profesional mumpuni yang mampu menambah keuntungan dari para pelaku bisnis ini.

“Dalam seminar ini kita mencoba berdiskusi baik itu BUJP, pengguna-pengguna satpam dari perusahaan bagaimana supaya hasil dari output pelatihan satuan pengamanan ini lebih bermutu dan lebih berkualitas lebih baik lagi. Sehingga nanti menjadi apa yang menjadi investasi perusahaan untuk bisa diharapkan,” tutup Kombes Pol Son Ani.

Ditempat yang sama Ketua BPD Abujapi Sumsel H. Novembriono SE, menambahkan, seminar ini adalah inisiatif teman-teman. Dirinya selaku Ketua BPD Abujapi hanya memberikan fasilitas. Sesuai dengan amanat dari pada AD RT bahwa fungsi daripada BPD Abujapi adalah menjalankan roda organisasi. Tujuannya guna perkembangan satpam keselurahan dan jasa para pengaman.

“ Amanat ini harus kami jalankan sebagai salah satu dedikasi kami,” ucapnya.

Dia menjelaskan, selaku pengurus dan teman-teman untuk memberikan tambahan ilmu kepada pengusaha bekal mereka untuk menjalankan usaha.”Sesuai dengan peran Abujapi melakukan edukasi informasi sertifikasi termasuk juga pelatihan pelatihan dan kedepan kita akan mencoba untuk lebih luas lagi untuk BUJP nya,” tambahnya.

“Semua instansi yang berhubungan dengan satpam akan kita kelola itu dan akan kita sampaikan khususnya para security harus kita perhatikan. Tonggak awal dari BUJP ini tidak lepas dari peran security atau satpam. Jadi satpam yang sejahtera itu bisa lebih baik lagi. Harapan kami akan membawak reprensi ini terutama melaporkan ke BPP pusat. Kita akan menyampaikan apabila ini berhubungan dengan kesejahteraan kepada pemerintah,” bebernya.

Ketika ditanya peran pemerintah sebenarnya, dia menjelaskan, pihaknya mengharapkan kepada pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kota Palembang memberikan materinya.


“Apa sebenarnya peran pememrintah kota palembang terhadap kesejahteraan masyarakat,” urainya.

Dirut PT. Global Anita selaku panita seminar mengatakan, pihaknya berharap kedepannya BUJP lebih meningkatkan dibidang security dan juga bagi para pengguna jasa satpam menggunakan jalur yang benar menggunakan BUJP. Pasalnya, pihaknya sudah menyiapkan wadahnya.

“Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada kendala. Seminar ini sendiri baru yang pertama. Seminar ini sendiri untuk mengenalkan kepada halayak kegunaan satpam. Selama ini banyak orang memakai jasa satpam asal asal saja. Sementara ada ketentuan, “ucap Ani.

Lebih lanjut Ani menjelaskan, untuk menggunakan jasa satpam ini sendiri harus melalui BUJP. Karena pihaknya sudah merekom dari Mabes Polri atau Polda setempat inilah kewenangan BUJP untuk mengelola satpam. Karena banyak sekali pengguna jasa satpam liar yang tidak menggunakn BUJP. Padahal sudah ada ketentuannya harus melalui BUJP.

“Kita adakan seminar hari ini diharapkan agar para pengguna jasa satpam dapat memahami aturannya,” pungkasnya.

(Romadon)