Wah, PDAM Ini Tunggakan Pajaknya, Parah !

Wah, PDAM Ini Tunggakan Pajaknya, Parah ! Dadang Afriandy

RIMAUNEWS.COM, Pali - Wah, berdasarkan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), ternyata Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lematang Enim cabang Pendopo belum membayar pajak air.

Parahnya, tunggakan tersebut terjadi selama tiga kali triwulan. Bahkan, Samsat PALI sudah mengirimkan surat sebanyak 2 kali ke perusahaan daerah tersebut. Terakhir, surat dikirim pada 6 Desember lalu.

Kepala Samsat Kabupaten PALI, Dadang Afriandy mengatakan selama tahun 2017,PDAM Lematang Enim baru membayar pajak air permukaan selama satu triwulan. “Nominalnya tidak begitu besar,namun kalau pajak itu dibayarkan, minimal pemasukan ke kas Daerah PALI bisa bertambah,”katanya.

Langkah Samsat, lanjutnya, sudah dua kali kita surati pihak PDAM, dan terakhir kita layangkan surat pada 6 Desember lalu. Sayangnya, hingga terakhir pihak Samsat PALI belum menerima tanggapan dari PDAM  Lematang Enim.

Memang, ada kendala yang menjadi penghambat. Dimana, akuinya, sekarang ini masih ribet dalam pengurusan pembayaran pajak air permukaan, sebab daerah operasi PDAM itu di Kabupaten PALI, sementara asetnya masih milik Kabupaten Muara Enim.

Pihaknya berharap, tunggakan dalam tiga triwulan terakhir, akan segera dilunasi karena akan mampu menurunkan pendapatan asli daerah atau PAD yang dicanangkan. “Mandegnya pembayaran pajak air permukaan, juga mengurangi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten PALI,”ungkap Dadang.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, Rusdi, Manager PDAM Lematang Enim cabang Pendopo saat ini belum bisa dihubungi dan dimintai keterangan.


(Agya S Yansori)