Tak Digaji Sekitar 4 Bulan, PHL JSC Gelar Demo

Tak Digaji Sekitar 4 Bulan, PHL JSC Gelar Demo

RIMAUNEWS.COM, Palembang- Akibat adanya penunggakan gaji sekitar 4 bulan, Kurang lebih 150 Pekerjaan Harian Lepas (PHL) di Jakabaring Sport City (JSC) menggelar aksi demonstrasi di halaman Kantor PT JSC.

RK salah satu PHL mengakui, keterlambatan gaji JSC sudah berlangsung sejak bulan April. "Habis bulan Juli masuk 4 bulan. Semenjak berubah jadi PT JSC yang sebelumnya dari pemda kami mulai gaji terlambat. Dulu paling telat tanggal 10 terlambat, biasanya gajian tanggal 5," katanya.

Lanjut wanita yang sudah bekerja selama 9 tahun di JSC ini tidak pernah gaji sampai menunggak seperti kejadian saat ini. “Aku ni kerjo dari mulai Gedung-Gedung ni belum ado, awal masuk masih ilalang-ilalang nian, dari dulu tu dak pernah kami sampe nunggak cak ini gajinyo, paling telat, itupun sudah dikonfirmasi samo Bapak pengurus kami, kalo katonyo tanggal 15 pasti tanggal 15," ujarnya.

Rk menjelaskan, memang selama belum di gaji kami mengajukan kasbon, tapi informasi tidak disebarkan hanya ada beberapa yang tahu dan itu pun mengajukan. "Ya itu motong gaji, sejuta itu karena butuh untuk hidup," jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, bahwa Managemen sering bersenang senang membuat acara makan-makan bersama di kantor maupun di hotel, meskipun tahu bahwa banyak PHL yang belum di gaji oleh Managemen. "Yang bikin geram mereka makan-makan di hotel, trus posting di Facebook, sedangkan kami nak belanjo be saro ngutang di warung. Mereka lemak lemak makan di hotel," ungkapnya.

Sementara PHL lain mengakui pembayaran gaji belum diberikan sejak bulan puasa tahun 2019 ini. "Sebelum bulan puasa pernah tapi selesai. Itupun karna kami demo dan Ini terjadi lagi," ungkapnya.

"Dibayar perbulan, tapi dihitung harian. Perhari sekitar 80-85 ribu. Perempuan sekitar Rp2,6 juta kalau pria Rp2,8 juta. Sekarang paling tidak kami bisa bertemu dengan manajemen JSC, sampai sekarang hanya melalui staf keuangannya saja bu Marni. Belum pernah bertemu langsung dengan Dirut," lanjutnya

Direktur Utama PT JSC, Meina Fatriana mengatakan perihal penunggakan gaji PHL hanyalah masalah biasa. Dan membantah adanya keterlambatan pembayaran gaji. " Gaji gak ada masalah, kan mereka tiap bulan, tinggal bulan apa itu mereka gak kosong semua," kata Meina saat dikonfirmasi via seluler, Senin (15/07/2018).

Saat dikonfirmasi, pihak JSC menjelaskan jika selama beberapa bulan terakhir, PHL melakukan kasbon. "Mereka udah kasbon  semua, tiap bulan ada tiap hari kasbon. Gak mungkin sampe empat bulan, tanya mereka kasbon nggak," tambahnya

"Mereka pun tiap hari kita kasbon sejuta-sejuta, tanya mereka, THR mereka di kasih tanya, coba ditanya. dapet gak THR waktu lebaran. Kedua bulan Maret satu bulan gaji sudah dikasih," tegasnya.

Ditanyai lebih lanjut, Direktur Utama JSC tersebut malah menyarankan untuk menginformasikan hal yang baik. "Ini PHL hal biasa, coba kalian nyari berita yang baik, sebenernya gak ada permasalahan. Sebaiknya cari informasi yang inovatif dan bonavit," ungkapnya

(Septian)

Komentar