Akhirnya, 143 Pasutri Dinyatakan Sah Secara Hukum

Akhirnya, 143 Pasutri Dinyatakan Sah Secara Hukum Suasana nikah 143 pasutri


rimaunews.com, MURATARA - Tak memiliki surat nikah, bertempat di halaman kantor bupati Musi Rawas Utara atau Muratara, sebanyak 143 pasangan suami istri atau pasutri dinikahkan secara sah menurut hukum.
Dalam rombongan nikah masal tersebut, ada saja umur pasutri diatas 60 tahun. Kendalanya, pasutri tersebut berasal dari keluarga tak mampu, sehingga dibantu pemkab.
Kepala Kantor Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Muratara, H Ikhsan Baijuri, Kamis (7/12/2017) mengatakan kali ini untuk itsbat nikah diikuti oleh sebanyak 143 Pasutri dari tujuh kecamatan.
Program itsbat nikah di Kabupaten Muratara ini merupakan kali kedua, yang ditanggung atau dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Muratara melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).
Pasutri yang melaksanakan itsbat nikah ini merupakan mereka yang kebanyakan menikah dibawah tahun 1974, sehingga tidak ada akta atau buku nikah. Selain daripada nikah siri. "Sebenarnya masih banyak lagi tapi anggaran pemerintah terbatas,"ungkap dia.

(Agya S Yansori)

Komentar