Bapeten Antisipasi Bahaya Nuklir Saat Asian Games

Bapeten Antisipasi Bahaya Nuklir Saat Asian Games

rimaunews.com, PALEMBANG-
Guna mensukseskan perhelatan Asian Games 2018, berbagai persiapan pun disiapkan oleh panitia dan berbagai pihak yang terkait. Salah satunya yang dilakukan oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) yang bekerja sama dengan International Atomic Energy Agency (IAEA) yang berencana untuk menerapkan sistem dan tindakan keamanan nuklir (Nuclear security system and Measures) yang diselenggarakan di Hotel Santika, Kamis (16/11) pukul 09.00 WIB.

Sekretaris utama Bapeten, Hendriyanto Hadi Tjahyono mengatakan, Rapat koordinasi ini untuk mengkoordinasikan semua pihak atau pejabat yang bertanggung jawab secara langsung terhadap penyelenggara Asian Games guna melakukan pengenalan dan koordinasi terhadap keamanan nuklir dan pentingnya penerapan keamanan nuklir pada Major Public Event (MPE).
“Ancaman non nuklir ini masih awam bagi masyarakat Indonesia dan diberikan pengetahuan dan koordinasi kepada semua unsur dan pihak yang terlibat pada Asian Games ini,” kata Hendriyanto.

Menurut Hendriyanto, perhelatan Asian Games menjadi perhatian penting karena kegiatan seperti ini dapat menjadi target bagi tindak kriminal ataupun aksi terorisme. Tindak kriminal atau aksi terorisme ini dikuartikan dapat melibatkan bahan nuklir dan radio aktif lainnya, dengan menggunakan perangkat yang disebut Radiological Dispersive Device (RDD atau Dirty Bomb), Radiatioj Exposure Device (RED) atau Improvised Nuclear Device (IND) yang saat ini dianggap paling banyak signifikan atau secara simbilolis menjafi salah satu bentuk aksi terorisme. “Maka dari itu diperlukan upaya untuk melakukan tindakan pencegahan dan deteksi dini dalam rangka mewujudkan kemananan bersama,” ujarnya.

Lebih jauh diungkapkan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak keamanan seperti kepolisian dan lainnya untuk mengamankan baik atlit, venue pertandingan, tamu negara dan jalan-jalan yang dilalui dalam perhelatan Asian Games nantinya. “Kami berharap Asian Games ini bisa sukses tanpa ada hambatan agar kita sebagai tuan rumah tidak malu. Selain itu, untuk alat mencegah nuklir dan lainnya sudah mempunyai alatnya sendiri kalau untuk bentuknya kan masih sangat awam bagi masyarakat maka kita akan lakukan sosialisasi terus seperti ini,” tukasnya. (bowok)

(Agya S Yansori)

Komentar