BPJS Kesehatan Jamin 8 Penyakit Kronis

BPJS Kesehatan Jamin 8 Penyakit Kronis Anggota Komisi IX DPR RI, Fraksi partai PPP dapil DKI Jakarta, Okky Asoka Wati

Rimaunews.com, PALEMBANG- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akhirnya menyetujui untuk memberikan jaminan kepada masyarakat yang terkena delapan penyakit kronis yang berbiaya besar. Delapan penyakit tersebut antara lain jantung, kanker, gagal ginjal stroke, thalasemia, sirosis hati, leukimia dan hemofilia.

Anggota Komisi IX DPR RI, Fraksi partai PPP dapil DKI Jakarta, Okky Asoka Wati mengatakan, saat ini BPJS mau memberikan asuransi terhadap delapan penyakit yang bisa menelan biaya yang sangat besar. “Awalnya BPJS tidak mau memberikan jaminan kepada masyarakat yang terkena delapan penyakit berbahaya terkendala biaya yang besar untuk pengobatannya. Namun, kami terus menyuarakan agar delapan jenis  penyakit kronis berbiaya besar ini menjadi jaminan BPJS, hingga akhirnya  mereka mau menjaminya,” kata Okky saat kunjungan ke Rumah Sakit Muhammad Hoesin, Jumat (8/12)

Menurut Okky, sudah selayaknya BPJS mau memberikan jaminan bagi masyarakat yang sedang terkena penyakit. “Ya, karena memang sesuai dengan fungsinya memberikan asuransi kesehatan bagi seluruh masyarakat,” ujarnya.

Saat ini, BPJS kesehatan tengah mencari solusi agar dapat menjamin pembiayaan 8 penyakit keras, yang dikabarkan bakal tidak masuk dalam pembiayaan. “Tetapi bagaimanapun juga fungsi dari pada asuransi ialah untuk membiayai kalau sakit keras. Kalau sakit keras tidak dibiayai, berarti tidak bener dong artinya fungsi asuransinya tidak berjalan,” tukasnya.

(Hadi Wibowo)

Komentar