Bupati Kuryana Curiga Ada Randis Mantan ASN Belum Dikembalikan ?

Bupati Kuryana Curiga Ada Randis Mantan ASN Belum Dikembalikan ? Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis

rimaunews.com, BATURAJA - Ternyata Masih Ada Kendaraan Dinas atau Randis yang masih berada dimiliki mantan pejabat atau Aparatur Sipil Negara atau ASN. Ini membuat geram Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis.

"Saya curiga masih ada kendaraan dinas yang belum dikembalikan oknum PNS ke Pemkab OKU meskipun sudah pensiun,” tegas Kuryana, Rabu (6/12/2017).

Kecurigaan tersebut, lanjutnya, sesuai aturan setiap ASN tidak terkecuali di Pemkab OKU yang sudah pensiun tidak berhak lagi menggunakan ataupun menguasai fasilitas milik negara seperti randis untuk kepentingan pribadi.

Pemkab OKU segera membentuk tim khusus guna mengetahui jumlah randis yang dikuasai oleh pensiunan ASN di Pemkab OKU dan akan ditarik secara paksa jika fasilitas tersebut masih digunakan untuk kepentingan pribadi.

Alasan penarikan randis tersebut beralasan, karena kata Kuryana, setiap randis memiliki dokumen atas nama pemerintah daerah setempat sehingga tidak bisa dialihkan status kepemilikannya menjadi milik pribadi.

Kendaraan yang dikembalikan tersebut, nantinya diberikan untuk operasional ASN di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemerintahan setempat jika kondisinya masih bagus.

Namun jika harus dilelang maka akan dimasukan dalam daftar lelang kendaraan dinas. "Jadi jika ingin dikuasai harus mengikuti proses pelelangan tersebut,"kata dia.

Bulan ini Pemkab OKU akan melelang sebanyak 60 kendaraan dinas milik pemerintah setempat terdiri atas 27 sepeda motor dan 33 unit kendaraan roda empat yang usia pemakaian di atas 10 tahun.

Dalam proses pelelangan tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palembang dengan sistem memilih harga penawaran tertinggi untuk setiap kendaraan dari peserta lelang.

(Agya S Yansori)

Komentar