Bupati Muzakir Ingatkan Jadi Kades Jangan Otoriter

Bupati Muzakir Ingatkan Jadi Kades Jangan Otoriter Bupati Muzakir melantik 37 Kades wilayah Kabupaten Muara Enim, di Plaza Gor Pancasila Muara Enim, Kamis (21/12).

RIMAUNEWS.COM, Muara Enim - Menjadi seorang pemimpin hendaknya tidak memiliki sifat yang mementingkan kehendak sendiri dan mengharuskan hal tersebut dilakukan atau otoriter. Hal ini dikatakan Bupati Muara Enim Muzakir dalam sambutannya dalam pelantikan terhadap 37 Kepala Desa (Kades), di Plaza Gor Pancasila Muara Enim, Kamis (21/12).


“Kades harus bisa membuka diri. Sharing akan hal hal tertentu kepada perangkat desa dan warganya. Jangan hanya mau memerintah dan tidak mau mendengarkan masukan dari pihak lain,” ujar dia.


Dilanjutkan Bupati Muzakir, kalau memiliki program paling tidak sebagian harus dilakukan dan kualitas juga harus diperhatikan dan benar-benar bertahan lama.


“Jangan ada program tapi tidak dijalnkan. Seperti contoh program pembangunan siring, harus bisa dibangun dengan kualitas yang baik. Nanti belum satu tahun sudah rusak. Itu kan tidak baik,” tegas Bupati.


Kades juga, katanya lagi, agar bersama-sama dengan yang lain bisa timbulkan komunikasi dan interaksi kepada seluruh perangakt desa dan warga dan penelola Badan Usaha Milik Desa. Karena membangun komunikasi merupakan hal yang penting dalam memajukan daerah.


Terakhir Bupati juga berpesan, saat ini mendekati pesta demokrasi dibutuhkan peran aktif dari para Kades untuk mensuskseskan pesta demokrasi tersebut.


“Berhasil dan suksesnya pesta demokrasi bukan dilihat siapa yang menang atau kalah, tapi sejauh mana masyarakat desa sadar dan ikut berpesta demokras, dan ini merupakan tugas kades,” katanya.


Untuk warga yang belum mendaftar, sambung Bupati, hendaknya Kades mengajak untuk mendaftar dan trrlibat. Bila menyentuh jumlah partisipasi masyarakat hingga angka 75 persen, maka itu dikatakan berhasil.


“37 Kades di wilayah dalam Kabupaten Muara Enim ini diambil sumpahnya sebagai pejabat desa yang memiliki tanggung jawab dalam enam tahun kedepan selama kepemimpinannya,” tukasnya.

(Kurniawan)

Komentar