Cegah Kejahatan, Setiap Sudut Jembatan Ampera Bakal Dipasang CCTV

Cegah Kejahatan, Setiap Sudut Jembatan Ampera Bakal Dipasang CCTV Jembatan Ampera Palembang / Sumber: Wikipedia

rimaunews.com, Palembang - Masih tingginya aksi kriminalitas dan bunuh diri di atas jembatan, Kementerian Jembatan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR) berencana akan melakukan pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) di setiap sudut Jembatan Ampera, Kota Palembang. Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk mencegah terjadinya aksi kriminalitas di atas jembatan.

Direktur Jembatan Kementrian PU PR, Iwan Zarkasi mengatakan, pemasangan CCTV ini digunakan untuk mencegah aksi kriminalitas. Menurutnya, angka kriminalitas di atas jembatan di Indonesia juga masih tinggi.

"Menurut peraturan dunia internasional bahwa jembatan besar itu tidak boleh orang jalan, atau jualan. Untuk itu akan dipasangkan CCTV sebagai control Operasionalnya,” kata Iwan, Rabu (29/11).

Iwan juga menjelaskan, setiap jembatan sangat berpotensi adanya aksi kriminalitas. Selain itu, orang sering melakukan perusakan fasilitas jembatan. Oleh sebab itu, semua yang terjadi tidak terkontrol oleh petugas kemanan pemeliharaan jembatan.

"Semua potensi tersebut tidak terkontrol oleh kita, makanya kita akan melakukan pemasangan CCTV agar dapat kejadian yang buruk dapat dicegah terlebih dahulu,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, di 2018 mendatang pihaknya telah mengganggarkan dana pemeliharaan untuk Jembatan Ampera senilai Rp20 miliar. Anggaran itu untuk pemeliharaan perbaikan korosi pada struktur pylon bagian bawah, korosi pada perletakan jembatan, penanganan fender tertabrak kapal pada 17 Mei 2017 lalu.

Untuk menyosong Asian Games pihaknya juga akan melakukan perbaikan pendestrian jembatan, pengecatan elemen beton, pengecatan over coating, dan pemasangan air lighting. Semua ditargetkan selesai sebelum Asian Games 2018. Tahun depan juga akan diupayakan agar di setiap fender dipasang lampu, sehingga menghindari tabrakan kapal dengan fender.

Dikatakannya, kondisi Jembatan Ampera saat ini keadaannya masih bagus dan masih dapat dilewati kendaraan angkutan besar. Meskipun beberapa waktu lalu Jembatan Ampera sering ditabrak yang tetapi tidak menimbulkan kerusakan yang parah.

"Ini disebabkan adanya skit atau seperti rock apalagi ditambah dengan fender. Sehingga Ampeta yang dibangun pada tahun 1962 ini sampai sekarang belum menimbulkan kerusakan apapun,” tukasnya. (Bowok)

(Hadi Wibowo)

Komentar