Disingkirkan Kalimantan Barat, Sumsel Tak Mampu Raih Peringkat Satu

Disingkirkan Kalimantan Barat, Sumsel Tak Mampu Raih Peringkat Satu Sekda Sumsel Nasrun Umar menerima Penganugerahan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2017 Kategori Pemerintah Provinsi dari Ketua KI Pusat, di Istana Wakil Presiden RI, Kamis (21/12).

RIMAUNEWS.COM, Palembang - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali menoreh prestasi meraih penghargaan pada Komisi Informasi Award 2017. Namun, tahun ini Sumsel tak mampu meraih peringkat satu yang berhasil diraih oleh Provinsi Kalimantan Barat.


Sementara Sumsel kali ini hanya meraih peringkat ketujuh, kemudian peringkat ke satu diraih Provinsi Kalimantan Barat, kedua diraih Provinsi Jawa Tengah dan peringkat ketiga diperoleh Provinsi Aceh.


Sumsel masuk sepuluh besar (Provinsi Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, DI Jogyakarta, Jawa Barat dan Sumatera Barat).

Disaksikan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, Sekertaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar menerima Penganugerahan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2017 Kategori Pemerintah Provinsi dari Ketua KI Pusat, di Istana Wakil Presiden RI, Kamis (21/12).


Selain Kategori Pemerintah Provinsi Sumsel juga meraih penghargaan untuk Kategori Perguruan Tinggi, yaitu Universitas Sriwijaya mendapat rangking sepuluh sementara untuk rangking pertama di raih Universitas Brawijaya Malang, kedua Universitas Indonesia dan rangking ketiga Institut Teknologi Bandung.


Untuk Katogori Kementerian ranking kesatu adalah Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian peringkat ke dua dan peringkat ketiga Kementerian Perhubungan.


Tahun ini setidaknya Sumsel masih bisa mempertahankan masuk dalam peringkat sepuluh besar meskipun PPID yang selama ini boleh dikatakan baru dikelola oleh Kominfo yang nomenklaturnya baru dibentuk dan keputusan PPID mulai dilaksanakan oleh Kominfo baru tahun ini juga.


Sehingga dengan segala kekurangannya dari sarana prasarana termasuk sumberdaya manusianya bahwa PPID di Sumsel masih bisa mempertahankan sepuluh besar. Hal ini merupakan suatu prestasi bagi seluruh insan Kominfo di Sumsel yang telah bekerja keras membuktikan dengan kondisi apapun kita tetap melaksakan fungsi-fungsi keterbukaan informasi PPID agar bisa tetap dilaksanakan di Sumsel dengan baik.


“Harapan kedepan prestasi ini terus ditingkatkan dan target tahun depan masuk tiga besar dan untuk ini ada baiknya perlu pembelajaran atau brandmaking ke provinsi yang meraih tiga besar melalui komunikasi dengan jalur yang sudah ada sehingga kita bisa nantinya memperbaiki prestasi, pelayanan dan jika nanti dinilai KI Pusat prestasi ini di tahun depan akan lebih dari tahun 2017 yang kita terima saat ini,” ucap Sekda Sumsel Nasrun.

(Hadi Wibowo)

Tags

Komentar