Duh.. Jembatan Endikat Baru Akan Diperbaiki Dua Bulan Lagi

Duh.. Jembatan Endikat Baru Akan Diperbaiki Dua Bulan Lagi Asisten pelaksanaan dan pengawasan satker PJN wilayah 2 Sumsel, Andi Pratama saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (22/12).

RIMAUNEWS.COM, Palembang - Rusaknya Jembatan Endikat yang menjadi penghubung antara Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam sangat mengganggu aktifitas dan membahayakan keselamatan pengendara lalu lintas yang melewati jembatan tersebut. Sudah beberapa bulan terakhir, masyarakat khususnya warga Pagaralam mengeluhkan kondisi jembatan itu.

Saat dikonfirmasi terkait itu, Kepala Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah 2 Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Balai Besar Perbaikan Jalan Nasional Wilayah 5, melalui Asisten Pelaksanaan dan Pengawasan Satker PJN wilayah 2 Sumsel Andi Pratama mengatakan, perbaikan jalan di jembatan itu baru akan diperbaiki dua bulan lagi atau akhir Februari 2018.


"Rencananya perbaikan jembatan Endikat akan dilakukan akhir Februari 2018 nanti atau maksimal awal Maret nanti,” kata Andi, Jumat (22/12).


Ia juga menjelaskan, perbaikan jalan tersebut baru di laksanakan Februari, karena pada saat ini sedang dalam tahap pelelangan tender perbaikan jembatan.


“Saat ini kita sedang lelang untuk tendernya. Rencananya di targetkan akhir Februari atau awal Maret sudah mulai dapat tender dan mulai pengerjaan,” ungkapnya. 


Untuk saat ini, kata dia, pihaknya hanya akan melakukan pemeliharaan rutin sampai dengan perbaikan permanen dilakukan. Dilakukan pemeliharaan rutin saja itu agar masyarakat masih tetap bisa menggunakan jembatan. Sedangkan proses saat perbaikan mulai dilakukan, untuk lalu lintas nanti akan dialihkan melalui Jalan Gumay. 


“Nanti saat perbaikan akan ada pengalihan ke Jalan Gumay dengan koordinasi dengan pemerintah setempat atau nanti bisa satu lajur, sebelah tutup setelah jalan,” katanya.


Lebih jauh diungkapkan dia, dalam perbaikan nanti tidak hanya di lantai jembatan saja tetapi juga akan dilakukan pada sektor dinding penahan tanah, paravet dan abottmen jembatan juga.


“Untuk sekarang kita perbaiki dengan Plat Baja, Baja H Beam dan di atasnya di letakan kayu yang bisa di lihat sekarang ini,” ucap dia.


Andi masih mengatakan, Jembatan Endikat yang memilik panjang 61 meter dan lebar 6 meter ini, lanjut Andi, untuk dana perbaikan akan menghabiskan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebanyak 6,5 Miliar. 

“Kita anggarkan untuk perbaikan jembatan ini dari dana APBN. Kita targetkan dalam enam bulan perbaikan jembatan ini selesai,” tukas dia. 

(Hadi Wibowo)

Komentar