Dulu, Ikan di Sungai Musi Terkenal Hingga ke Jawa, Itu Dulu!

Dulu, Ikan di Sungai Musi Terkenal Hingga ke Jawa, Itu Dulu! Pelepasan Benih Ikan ke Sungai Musi

RIMAUNEWS.COM, Palembang – Ada pernyataan menarik dari kedatangan Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Slamet Subiyakto, ke Palembang, Kamis (14/12/2017).

Sang dirjen menyebutkan, dulu ikan-ikan Sungai Musi ini sangat terkenal di Jawa, tapi sekarang hanya tinggal cerita. Salah satunya jenis ikan yang terkenal hingga ke Jawa yakni ikan Belida/Belido.

Kalau sekarang bagaimana kondisinya ? Terlepas dari sudah sangat sedikitnya ikan endemik di Sungai Musi, Slamet meminta agar walikota untuk menjaga ikan asli Kota Palembang. “Tidak hanya aktif melakukan penyebaran benih, kita juga ingin agar ikan yang disebar dapat dilindungi.”

Itulah kenapa, lanjutnya, kami dari KKP ngin mengembalikan ikan-ikan ini bersama masyarakat Kota Palembang, melalui penyebaran ikan hasil budidaya restoking, untuk ikan-ikan langka yang hampir punah.

Selain itu, KKP Republik Indonesia (RI) meminta Walikota Palembang segera membuat aturan untuk melindungi beberapa jenis spesies asli Sungai Musi. Aturan berupa Peraturan Daerah (Perda), perlu segera dibuat oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, dalam menjaga keberlangsungan sumber daya alam di Sungai Musi.

Menurutnya, walikota perlu segera membuat Perda tentang pengendalian atau pemeliharaan stok-stok ikan yang ada di perairan-perairan umum di sungai dan lain-lain. Agar eksploitasinya bisa dibatasi. Kegiatan penyebaran benih yang dilaksanakan hari ini, merupakan langkah awal yang harus menjadi contoh bagi masyarakat setempat.

Bahkan, KKP melalui balai budidaya ikan, sudah menemukan teknis melakukan budidaya ikan ini."Kami siap membantu termasuk mencaru cara bagaimana pengembangan ikan-ikan ini kedepan, salah satunya dengan teknik budidaya. Sekarang beberapa balai budidaya sudah menemukan cara membudidayakan ikan Belido,”ungkapnya.  

 

(Agya S Yansori)

Komentar