JK Tinjau Kesiapan Venue Asian Games di Palembang

JK Tinjau Kesiapan Venue Asian Games di Palembang

Rimaunews.com, PALEMBANG - Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla (JK) melakukan kunjungan ke kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (7/12).

Dalam kunjungannya kali ini, JK meninjau kesiapan berbagai venue-venue yang menjadi tempat pertandingan saat Asian Games 2018 yang berada di kawasan Jakabaring Sport City (JSC).

JK tiba di bandara Sultan Mahmud Badaruddin II pukul 12.30 WIB. Kedatangan orang nomor dua di Indonesia disambut hanga Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin.

Selama meninjau lokasi venue di JSC, JK langsung meninjau lima venue seperti Gedung Wisma Atlit. Kelima venue yang di kunjungi yakni Venue Boling, Venue Shooting Range, Vanue Soft Tenis, Venue Volley Pantai, dan Stadion Gelora Sriwijaya, serta Rusunami.

Dari beberapa kunjungan venue di Palembang, JK mengatakan hampir semua venue selesai pada Desember mendatang. Namun, dengan catatan belum termasuk dalam perawatan yang artinya finishing menyeluruh baik perawatan yakni pada Februari mendatang. “Saya berharap semua venue bisa selesai sesuai targetnya", ujar JK.

Untuk kesiapan atlet, lanjut JK, saat ini sudah hampir setahun masuk dalam pelatihan. Kemudian, semua logistik telah dibayarkan sehingga tidak ada lagi tunggakan-tunggakan yang mengganggu atlet untuk bertanding saat Asian Games nanti.

“Jadi artinya pemerintah sangat serius menyambut Asian Games ini dan kami menargetkan juara,” tegasnya.

Saat mengecek beberapa venue, masih satu Venue yang belum selesai yaitu venue Soft Tenis yang dimilai sedikit terlambat karena minimnya progres pembangunan. “Mungkin ini karena baru memulai pembangunan sehingga terkesan lambat. Kami harap semua Venue ini selesai target ini dapat selesai tepat waktu,” harapnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengakui sejauh ini pembangunan venue soft tenis sampai dengan saat ini baru mencapai 3,8 persen dimana targetnya 10 persen sampai dengan Desember.

Menurut Alex, hal ini disebabkan karena kontraktor pertama mengundurkan diri pada Agustus mendatang. Meskipun begitu, saat ini sudah ada kotrak baru dengan kontraktor sehingga pembangunan dapat berjalan kembali.

”Saya optimistis pembangunan ini dapat selesai bahkan sebelum tes event soft tennis pada Juni mendatang,” pungkasnya. 

(Hadi Wibowo)

Komentar