Kewalahan Atasi Sampah, DLHK Minta Pasar Kelola Sampah Sendiri

Kewalahan Atasi Sampah, DLHK Minta Pasar Kelola Sampah Sendiri

RIMAUNEWS.COM, Palembang- Ratusan sampah yang dihasilkan setiap hari, plus terbatasnya armada yang dimiliki membuat Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang kewalahan. Atas dasar itu, pihaknya meminta agar pasar tradisional yang selama ini penyumbang produksi sampah terbesar agar mengelola sendiri.

Kepala DLHK Kota Palembang, Alex Fernandus mengakui sangat kewalahan mengatasi sampah karena terbatasnya armada yang dimiliki oleh DLHK Palembang. “DLHK Kota Palembang mempunyai 80 armada pengangkut sampah, dan lebih dari setengah khusus mengangkut sampah dari pasar tradisional. Setiap hari setidaknya armada yang diturunkan untuk pasar ada sebanyak 40 hingga 50 armada. Setengahnya mengangkut sampah selain dipasar dan ini sangat tidak seimbang. Maka dari itu saya meminta kepada pasar- pasar tradisional di kota Palembang untuk secara mandiri mengelola sampahnya sendiri,” ujarnya.

Dalam satu hari sampah yang dihasilkan oleh pasar yang ada di Palembang terbilang sangat banyak yaitu 300 ton perhari. “Dengan banyaknya volume sampah yang dihasilkan dari pasar tersebut Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang meminta kepada pasar- pasar tradisional di kota Palembang untuk secara mandiri mengelola sampahnya sendiri,” katanya.

Karena itu, kata Alex jika pasar mendiri mengelola sampahnya seperti punya TPS sendiri, bisa dikelola 3R dan bisa mengangkut sampah ke TPA sendiri DLHK pasti sangat terbantu. “Jika sampah ini bisa dikelola sendiri juga seperti ada 3R kan bisa menghasilkan uang dan banyaklah yang bisa dihasilkan,” ucapnya.

Selama ini memang sering tidak bisa mengangkut sampah karena kekurangan armada sehingga masih terjadi penumpukan. Seperti di median jalan dan diatas jembatan di Kertapati masih banyak ditemukan tumpukan sampah yang dibuang oleh masyarakat. “Kita sangat sayangkan masih banyak masyarakat yang membuang sampah di median jalan, diatas jembatan,” tegasnya seraya menambahkan bahwa pihaknya bekerjasama dengan Pol PP Kota Palembang akan menindak tegas bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan

(Romadon)

Komentar