Libur Natal dan Tahun Baru, Angkutan Barang Dilarang Melintas

Libur Natal dan Tahun Baru, Angkutan Barang Dilarang Melintas Ruas jalan utama jalur lintas Muara Enim, Jumat (15/12).

RIMAUNEWS.COM, Muara Enim - Selama memasuki mudik Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Muara Enim berencana akan memberlakukan pembatasan angkutan barang galian atau tambang dan kendaraan dengan sumbu tiga.


Kepala Dinas Perhubungan Muara Enim, H Riswandar melalui Sekretaris Akmaludin didampingi Kabid Lalu Lintas dan Angkutan, Junaini, mengatakan rencana pengaturan lalu lintas tersebut berlaku pada 22 sampai 25 Desember dan 29 Desember hingga 1 Januari 2018.


“Sesuai edaran Menteri Perhubungan, angkutan barang dengan sumbu 3 ke atas dilarang melintas di sejumlah ruas jalan. Diluar tanggal itu boleh melintas dan normal kembali pada 2 Januari 2018 mendatang,” kata dia saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (15/12).


Sebelumnya, sambung dia, rencana larangan melintas akan diberlakukan mulai 22 Desember 2017 sampai 1 Januari 2018. Namun, dikarenakan ada protes dari asosiasi angkutan barang, terlalu panjang libur dapat menghambat distribusi barang nasional.


Pembatasan angkutan, kata dia, berlaku untuk semua angkutan sumbu tiga ke atas, kecuali angkutan sembako, buah, dan BBM.
Menurutnya, adanya larangan melintas bagi angkutan sumbu 3 ini, dapat mengantisipasi kemacetan di ruas-ruas jalan utama jalur lintas yang kerap dilalui angkutan barang termasuk truk batubara.


Dia menyebut, pemberlakuan pelarangan tersebut masih menunggu surat resmi Kementerian Perhubungan dan Dishub Provinsi Sumsel. Di sisi lain, terkait dengan persiapan libur Natal dan Tahun Baru, Dishub Muara Enim, siap menerjunkan personelnya bersama dengan dinas/instansi lain tergabung dalam Tim Operasi Lilin yang dibuat Polres Muara Enim.


“Personel Dishub akan bekerja di beberapa titik krusial yang sering terjadi kemacetan, salah satunya di jalur perlintasan kereta api di Ujan Mas. Selain itu Dishub bersama Polres Muara Enim juga akan bersama-sama siaga untuk menunjang kelancaran arus kendaraan selama musim libur akhir tahun,” pungkasnya.

(Kurniawan)

Komentar