Mau Tahu Lokasi Rawan Bencana di OKU?

Mau Tahu Lokasi Rawan Bencana di OKU? Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Salimin

Mau Tahu Lokasi Rawan Bencana di OKU?
rimaunews,com, BATURAJA - Masih tingginya intensitas curah hujan membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).
Bahkan, BPBD OKU sudah membagi peta daerah rawan bencana yang terbagi dalam 3 kategori, yakni rawan banjir, erosi dan rawan longsor sedang. Inii dilakukan agar masyarakat lebih waspada atas potensi bencana.
Nah dimana lokasi-lokasi rawan bencana tersebut ? Untuk rawan banjir sendiri meliputi Kecamatan Peninjauan, Lubuk Batang, Semidang Aji, Pengandonan dan Sinar Peninjauan.
Sedangkan rawan erosi meliputi, Kecamatan Baturaja Barat, Timur, Lengkiti, Lubuk Batang dan Peninjauan, serta rawan longsor sedang di Ulu Ogan, Lengkiti dan Baturaja Barat.
BPBD setempat, untuk antisipasi pihaknya segera menyebar informasi ke kecamatan yang menjadi titik rawan banjir, longsor dan erosi.
Kepala BPBD OKU Hemni Rusdi S melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Salimin, Rabu (6/12/2017) mengatakan dari laporan pihak BMKG,  curah hujan yang cukup tinggi akan terjadi Desember mendatang.
Sementara, di awal tahun 2018 intensitas curah hujan mulai menurun. "Namun prediksi tersebut tak bisa jadi patokan.  Apalagi sejak 2008 iklim cuaca sulit diperkirakan. Tak jarang perkiraan BMKG-pun kadang meleset,” ungkapnya.
Langkah antisipasi juga dilakukan dengan pendirian posko siaga bencana telah disiapkan sejak September lalu dan akan disiagakan hingga akhir tahun mendatang.

(Agya S Yansori)

Komentar