Pagaralam Tak Akan Datangkan Petugas Metrologi Lagi, Ini Alasannya

Pagaralam Tak Akan Datangkan Petugas Metrologi Lagi, Ini Alasannya foto ilustrasi uji tera

RIMAUNEWS.COM, Pagaralam- Selama ini mendatangkan petugas metrologi dari Pemprov Sumsel dan Pemkot Lubuklinggau, nantinya Pemkot Pagaralam tak akan mengajukan permintaan serupa. Karena, Pagaralam rencananya, tahun 2018 akan melakukan pelatihan terhadap 3 pegawainya, untuk bidang tersebut.
Keberadaan petugas metrologi tersebut untuk meningkatkan pengawasan tera (timbangan, red) milik para pedagang dan pelaku usaha. Pelaksanaannya dibawah Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Pengelolaan Pasar (Disperindagkop UKM dan PP) Kota Pagaralam.
Kadisprindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam, Saidi Amrullah, Senin (11/12/2017) menjelaskan kita tidak lagi repot untuk medatangkan petugas dari Dinas Perindag Provinsi Sumsel atau dari Lubuklinggau untuk menera sejumlah alat timbang milik pedagang ataupun SPBU yang ada di Kota Pagaralam.
Alasannya, akan mengirim SDM-nya untuk mengikuti pelatihan di bidang metrologi. Jika tak ada halangan, di 2018 mendatang ada tiga petutgas yang akan dikirim mengikuti pelatihan selama beberapa bulan di Direktorat Metrologi, Kementerian Perdagangan.
Selama ini, katanya, kita belum ada petugas metrologi, khusus untuk penguji alat ukur timbangan. Upaya tera rutin ini tak terlepas sebagai bentuk pengawasan terhadap alat timbang milik pedagang atau pemilik usaha jangan sampai konsumen dirugikan oleh praktik curang.

(Agya S Yansori)

Komentar