Penerimaan ZIS Sudah Rp 1,2 Miliar

Penerimaan ZIS Sudah Rp 1,2 Miliar

rimaunews.com, Muaraenim- Target zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS) di Kabupaten Muara Enim sebesar Rp 1,5 miliar per tahun. Namun pencapainya masih kurang sekitar Rp 300 juta, sementara, saat ini telah memasuki akhir tahun. “Dari target Rp 1,5 miliar, ZIS yang masuk sudah Rp 1,2 miliar,” jelas Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Muara Enim, Ustadz Syachril, Senin (4/12).
Kata Syachril, potensi ZIS yang belum maksimal tergarap ini disebabkan sejumlah kendala. Seperti belum sadarnya membayar zakat mal atau profesi setiap bulan.
Dia mencontohkan para pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Muara Enim baru sekitar 30 persen yang membayar zakat melalui Baznas. “Infaq, shodaqoh dari PNS baru 30 persen masuk ke Baznas. Kita juga belum tahu apakah memang dikumpulkan dulu baru dibayarkan. Karena sampai sekarang kita belum menerima laporannya,” tambah dia.
Terkait hal ini, katanya, bupati meminta tahun depan dievaluasi supaya ZIS dari PNS pada 2018 nanti lebih maksimal.
Lebih lanjut, tutur Syachril, dari Rp 1,5 miliar ZIS yang masuk, penyalurannya sudah Rp 800 jutaan. “Sekarang kita sedang persiapkan dana beasiswa untuk siswa miskin Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang akan disalurkan pada 28 November lalu,” urainya.
Beasiswa ini, dibayarkan per bulan sebesar Rp 100 ribu/siswa. “Untuk yang akan diserahkan besok itu langsung tiga bulan (Oktober-Desember). Selanjutnya mulai 2018 dibayarkan per bulan,” tukasnya.

(Kurniawan)

Komentar