Pengkab Muara Enim Gelar Kegiatan Peningkatan Inovasi Desa

Pengkab Muara Enim Gelar Kegiatan Peningkatan Inovasi Desa

Rimaunews.com- Dalam rangka meningkatkan kualitas penggunaan Dana Desa Pemerintah kabupaten Muara Enim melaksanakan kegiatan pembangunan dan pemeberdayaan masayarakat desa yang Inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa serta membangun kapasitas desa yang mandiri. Kegiatan yang tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa kabupaten Muara Enim yang mana kegitan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Program Inovasi Desa (PID) dan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari jadi Kabupaten Muara Emm ke- 71, Jum'at (17/11/2017) di Pelataran Gor Pancasila Muara Enim.  

Kepala Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa kabupaten Muara Enim Emran Tabrani dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuaan mengutamakan kegiatan inovasi untuk mendorong efektivitas penggunaan atau infestasi dana di desa didalam menuju produktifitas melalui proses pengelolaan pengetahuaan secara sistematis, terencana, dan sistematis. 

"Didalam Peningkatan, Pengelolaan dana secara efektif dan sistematis meliputi proses identifikasi inovasi, validasi,  dokumentasi, proses pertukaran pengetahuan atau eksposisi,  dan replikasi serta akan memunculkan program kegiatan di desa yang mengoptimalkan kepada masyarakat,  pembangunan insfratruktur, sarana prasarana desa dengan memanfaatkan sumber daya lokal," ujar Emran. 
 
Kemudiaan dia juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari dari 17 - 21 November 2017 diikuti oleh 20 kecamatan yang ada di kabupaten Muara Enim dengan peserta camat, kepala desa, BPD,  dan pendamping desa. 


"Bursa lnovasi desa ini menampilkan 50 lnovasi yang telah disiapkan oleh Direktorat Jendral PPMD Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi Repubik Indonesia yang diperoleh dari inovasi di Indonesia untuk ditampilan kepada desa-desa agar dapat diterapkan sesuai dengan potensi desa masing - masing, serta pameran UMKM desa-desa yang ada di Kabupaten Muara Enim," tutupnya.  


Sementara itu Bupati Muara Enim Muzakir Saisohar menyampaikan apresiasinya atas kegiatan tersebut dan berharap agar dapat mendorong pengembangan program kegiatan di desa guna meningkatkan pendapatan sumber daya masyarakat lokal serta meningkatnya perekonomiaan rakyat di Bumi Serasan Sekundang. 


"Melalui kesempatan yang baik ini saya mengharapkan kepada masyarakat Kabupaten Muara Enim pada umumnya dan pemangku kepentingan di Desa khususnya. bahwa Bursa Inovasi Desa ini dapat meningkatkan Program dan kegiatan pembangunan yang lebih bermakna bagi desa bukan hanya sekedar menghabiskan anggaran dana desa," tegas Muzakir. 


Kemudiaan Muzakir berharap dengan adanya kegiatan tersebut nantinya akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan adanya hasil dari implementasi dari kegiatan tersebut. 

(Kurniawan)

Tags

Muara Enim

Komentar