Serbu Pemko Palembang, Ratusan Pedagang Tuntut Pasar Cinde Segera Dibangun

Serbu Pemko Palembang, Ratusan Pedagang Tuntut Pasar Cinde Segera Dibangun Ratusan pedagang Cinde menyerbu Pemkot Palembang untuk menyampaikan aspirasinya, Senin (11/12).

RIMAUNEWS.COM, PALEMBANG - Ratusan pedagang Pasar Cinde yang tergabung ke dalam Persatuan Perdagang Pasar Cinde (P3C) melakukan aksi unjuk rasa damai di halaman parkir Kantor Walikota Palembang, Senin (11/12), sekitar pukul 11.00 WIB.

kedatangan para pedagang ini lantaran tak tahan lagi untuk terus bersabar dan menunggu. Para pedagang mendesak Pemko Palembang agar bangunan Pasar Cinde yang kini terbengkalai agar segera dilaksanakan pembangunannya.

Ketua persatuan pedagang pasar Cinde, M Yusuf mengatakan, setelah direlokasi ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang tak jauh dari Pasar Cinde ini, hingga kini belum ada tanda-tanda Pasar Cinde untuk dimulai pembangunan. 

“Sudah empat bulan ini bangunan Pasar Cinde itu terbengkalai dan belum ada tanda-tanda akan dibongkar untuk segera dibangun,” kata Yusuf.

Dia juga menjelaskan, sampai saat ini pedagang belum mendapatkan informasi kapan pembongkaran bangunan Pasar Cinde baik dari Pemerintah Kota, Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan pihak yang terkait.

“Kami belum mendapatkan kejelasan dari pemerintah kapan bangunan akan dibongkar, nasib semua pedagang yang selama ini berjualan di TPS tergantung-gantung. Kami butuh kepastian, agar kami tidak merugi terus,” ungkapnya.

Saat pedagang menyampaikan orasi, lanjut Yusuf, perwakilan Pemkot yang diwakili oleh asisten 1 mengungkapkan bahwa yang menghambat pembangunan Pasar Cinde ini karena cagar budaya. Namun, cagar budaya itu nantinya bisa dikembangkan ke bidang yang lain.

“Jadi setelah mendengar ucapan dari perwakilan Pemkot seharusnya tidak ada hambatan lagi untuk segera membongkar bangunan,” jelasnya.

Masih dikatakan Yusuf, pihaknya memberikan jangka waktu 14 hari untuk Pemkot Palembang mengambil keputusan agar segera membongkar bangunan Pasar Cinde.

“Kami berharap pemkot segera menyelesaikan permasalahan semua ini. Kalau sampai waktu yang kami berikan belum ada kepastian kami akan melakukan demo susulan dan akan membongkar sendiri bangunan pasar Cinde,” tukasnya.

(Hadi Wibowo)

Komentar