Syaiful: 1 Pasar Hasilkan Minimal 3 Ton Sampah

Syaiful: 1 Pasar Hasilkan Minimal 3 Ton Sampah

RIMAUNEWS.COM, Palembang- Tak hanya Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang, PD Pasar Palembang Jaya juga mengakui cukup banyak pasar di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan ini dalam menghasilkan sampah dalam satu harinya.

Meski demikian, pihaknya menjelaskan, sampah yang ada di tempat sampah sementara di lokasi pasar, tak semua berasal dari pedagang di lokasi tersebut. Diduga, ada juga andil warga sekitar lokasi pasar yang membuang sampahnya di pasar sehingga jumlahnya hingga ton dalam sehari.

Direktur PD Pasar Palembang Jaya, Syaiful mengakui memang sampah yang dihasilkan dari pasar memang setiap harinya banyak. Bahkan per hari satu pasar bisa mencapai 3 ton. Jumlah tersebut bervariasi, karena tak semua pasar menghasilkan sampah hingga 3 ton dalam seharinya. "Setiap pasar beda-beda tapi memang kita tak bisa memungkiri volume sampah ini memang cukup banyak," jelasnya.

Menurutnya, sampah-sampah yang ada di pasar ini bukan hanya dari pedagang saja tapi masyarakat juga turut membuang ke pasar. "Sampah di pasar itu bukan berasal dari pedagang saja tapi masyarakat juga buang karena itu wajar kalau banyak," ungkapnya.

Terkait pengelolaan sampah secara mandiri dari pasar tradisional, Syaiful mengakui itu sudah berjalan, pasar yang memiliki pengelolaan 3R memang sudah ada beberapa tapi tidak semuanya. Seperti di pasar Gubah, 10 Ulu, modern Plaju, Pasar Induk Jakabaring yang sudah memiliki pengelolaan sampahnya.

(Romadon)

Komentar