Tahun Depan, Dirjen Perkebunan Minta Sumsel Harus Siap Peremajaan

Tahun Depan, Dirjen Perkebunan Minta Sumsel Harus Siap Peremajaan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI), Bambang.

RIMAUNEWS.COM, Palembang - Dari 25 provinsi di Indonesia yang siap dalam pelaksanaan program peremajaan (replanting) pada 2018 mendatang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) diminta Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian harus menjadi daerah yang paling siap menerima pelaksanaan program tersebut.

Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI), Bambang mengatakan, Provinsi Sumsel harus menjadi daerah yang paling siap untuk menerima pelaksanaan replanting pada 2018 mendatang.

“Ada 25 provinsi baik kabupaten dan kota yang siap kita realisasikan, jadi silahkan Sumsel menjadi provinsi yang harus siap menjalankan itu,” kata Bambang, Kamis (21/12).

Bambang juga menjelaskan, target replanting telah di tetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) seluas 1.805 ribu hektare. Jumlah itu belum pernah terjadi dan merupakan luas yang terbesar sepanjang sejarah.

Replanting ini merupakan program nasional dan sudah dilaksanakan pada 2017. Kemarin, Pak Jokowi sudah mengawali di Musi Banyuasin ada sekitar 4.800 hektare, di Sumatera Utara 9.000 hektare. Kami ingin Sumsel dapat bergerak cepat Replanting untuk tahun depan,” jelasnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, katanya, Sumsel harus bergerak cepat dalam melaksanakan dan memanfaatkan replanting dengan melibatkan berbagai struktur atau stakeholder seperti pemerinrah, keamanan dan petani itu sendiri

“Buatlah gerakan replanting dengan melibatkan semua pihak agar kegiatan penyuluhan replanting bisa cepat dilaksanakan,” pungkasnya.

(Hadi Wibowo)

Tags

Peremajaan

Komentar