Wagub Dorong Sinkronisasi Tata Ruang Daerah

Wagub Dorong Sinkronisasi Tata Ruang Daerah

RIMAUNEWS.COM, Palembang- Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Ir H. Mawardi Yahya membuka dengan resmi Rapat Koordinasi Penataan Ruang Daerah Provinsi Sumsel tahun 2019, di Ballroom Hotel Novotel, Palembang (26/11).

Adapun tema yang diusung dalam Rakor Penataan Ruang Daerah Provinsi Sumsel tahun 2019 adalah “ Optimalisasi Penataan Ruang Provinsi Sumsel Menuju Sumsel Maju Untuk Semua”.

Dalam kata sambutannya Wakil Gubernur Provinsi Sumsel Mawardi Yahya  mengatakan, dalam penyelenggaraan penataan ruang dibutuhkan koordinasi yang efektif serta berkesinambungan, mengingat tujuan penyelenggaraan Penataan Ruang adalah mewujudkan ruang wilayah yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan. “Urusan penataan ruang merupakan urusan yang sifatnya lintas wilayah, lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan. Artinya Penataan Ruang diselenggarakan dengan mengintegrasikan dan mensinkronkan berbagai kepentingan yang bersifat lintas sektor, lintas wilayah dan lintas pemangku kepentingan,” katanya.

Untuk mencapai kondisi tersebut, Ia menghimbau  melalui misi yaitu membangun dan meningkatkan kualitas, termasuk infrastruktur dasar guna percepatan pembangunan wilayah pedalaman dan perbatasan. Terlebih, saat ini ada beberapa kabupaten/kota yang telah melaksanakan penataan ruang dengan baik diberikan apresiasi beberntuk penghargaan kepada Kabupaten/Kota di Provinsi Sumsel antaralain Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Muara Enim dan Kota Pagaralam. “Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengapresiasi kabupaten/kota dengan memberikan reward  yakni Penghargaan Penataan Ruang terbaik Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2019.  Kepada kabupaten/kota yang telah melakukan penyelenggaraan penataan ruang dengan baik,” tuturnya.

Diakhir  sambutannya, Ia berharap  pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumsel terus meningkat, mengingat ekonomi memegang peranan penting terhadap kesejahteraan masyarakat. “Untuk memperlancar arus barang dan mobilitas penduduk, serta menciptakan daya saing daerah dengan mempertimbangkan pemerataan dan keseimbangan daerah,” pungkasnya.

(Aan Wahyudi)

Komentar