Ciptakan Peluang Usaha Mahasiswa

Ciptakan Peluang Usaha Mahasiswa Kegiatan Wirausaha

RIMAUNEWS.COM, Palembang- Ramainya taman rekreasi kota Palembang, dimanfaatkan oleh puluhan mahasiswa dari Universitas Taman Siswa (Tamsis) Palembang Fakultas Ekonomi untuk menciptakan peluang usaha atau Kewirausahaan.

Rektor Universitas Tamsis, Joko Siswanto melalui Wakil Rektor 4, Dr ir Hj Elina Sandra MT mengatakan, karena ini gelombang kedua, tentu kegiatan ini sama halnya dengan beberapa minggu sebelumnya. Adanya kewirausahaan ini memudahkan mahasiswa Universitas Tamsis agar mereka mandiri. "Kegiatan kewirausahaan ini lebih condong dengan makanan khas kuliner dan kerajinan kota Palembang,” katanya.

Berhubung mata kuliah ekonomi ini bersinggungan dengan masyarakat, pihaknya berharap mahasiswa bisa menciptakan peluang usaha bagi generasi muda. “Kami memilih Kambang Iwak (KI) Park karena disini ratusan masyarakat berkumpul menikmati rekreasi kota Palembang. Sehingg kalau membuka usaha kuliner maupun kerajinan tentu pasaran disini lebih memungkinkan," paparnya.

Menurut Elina, sesuai tuntunan zaman sekarang kurikulum ini harus lebih banyak mempraktek secara langsung. "Alhamdulilah kegiatan entrepreneurship sudah lebih 5 tahun dilakukan. Tahun lalu, kita pernah melakukan kegiatan di Jakabaring. Kami melihat pangsa pasarnya banyak dipusat rekreasi, seperti KI Park, Jakabaring, Pasar 16 Ilir, Benteng Kuto Besak," katanya.

Sementara iu, Dekan Fakultas Ekonomi Desftrina MSi menambahkan, manfaat didapatkan mahasiswa sendiri dengan kewirausahaan. Mereka bisa menciptakan usaha sendiri tanpa tergantung mengharapkan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). “Pada gelombang kedua ini terdapat 92 mahasiswa yang rata-rata dari semester 3 jurusan Akuntansi dan Manajemen. Kami harap Mereka tidak malu dalam berwirausah dalam menjajakan makanan dijualnya. Sehingga mereka lebih percaya diri," pungkasnya. (Yanti)

(Agya S Yansori)

Tags