65 Persen Tak Lengkapi Dokumen Kendaraan

65 Persen Tak Lengkapi Dokumen Kendaraan

RIMAUNEWS.COM, Palembang- Dalam Operasi Patuh Musi 2019 yang dilakukan Polresta Palembang, terdapat 65 persen pengguna kendaaraan yang tak melengkapi dokumen kendaraan pada saat razia.

Wakasatlantas Polresta Palembang, AKP Gani mengatakan, dihari ke 12 Operasi Patuh Musi 2019, mayoritas pelanggar yang tidak menaati peraturan yakni banyaknya pengendara yang belum melengkapi dokumen kendaraan. “Setelah menapaki hari ke 12 dalam operasi patuh musi, ternyata yang mendominasi pelanggar di wilayah Kota Palembang, terdiri sekitar 65 persen pengendara yang belum melengkapi dokumen dalam berkendara,” katanya seusai gelar razia patuh musi 2019 di Jalan Singakadane, Musi II, Senin (09/09/2019)

Adapun pelanggar yang tidak memiliki dokumen dalam berkendaraan diantaranya tidak memiliki STNK, SIM hingga pengendara dibawah umur. “Dari 65 persen ini terbanyak adalah pengendara yang tidak memiliki SIM,” ujar dia.

Untuk diketahui, penggunaan SIM saat menunggangi kendaraan tertuang dalam Undang-Undang No 22 tahun 2009 pasal 77 ayat 1 yang mengatur kewajiban pengendara memiliki SIM. “Sedangkan bagi pengendara yang tidak memiliki SIM akan dikenakan sanksi sesuai Undang-Undang No 22 tahun 2009 pasal 281 yaitu dipidana dengan ancaman kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp1 Juta,” jelas dia.

Gani berharap,  dengan adanya operasi Patuh Musi 2019 dapat meningkatkan kesadaran pengendara dalam melengkapi dokumen berkendara. “Semoga dengan adanya operasi ini dapat meningkatkan kesadaran pengendara dalam melengkapi dokumen berkendara sehingga memberikan keamanan dan kenyaman bersama,” kata Gani.

(Aan Wahyudi)

Komentar