Air Sungai Meluap, Puluhan rumah dan Kebun Terendam Banjir

Air Sungai Meluap, Puluhan rumah dan Kebun Terendam Banjir inilah kondisi rumah warga yang terendam banjir akibat air sungai meluap dan hujan deras

RIMAUNEWS.COM, Prabumulih- Puluhan rumah warga dan kebun yang ada dikawasan Kelurahan Sukaraja, Kelurahan Majasari, Kelurahan Karang Raja, Kelurahan Sindur dan Kelurahan Gunung Ibul terendam banjir.
Banjir yang merendam puluhan rumah dan kebun tersebut diakibatkan meluapnya air Sungai Kelekar dan Sungai Manau meluap serta juga turunnya hujan deras di Kota Prabumulih sejak Selasa malam (19/12) hingga Rabu (20/12) pagi. "Hujan deras ini juga terjadi di daerah hulu sungai, akibatnya air sungai meluap dan sampai disini," kata Rosdiana, salah satu warga Kelurahan Majasari
Dijelaskannya, ketinggian air yang masuk kerumah sekitar 30-50 centi meter (cm) atau antara mata kaki hingga paha orang dewasa. "Akibat banjir ini aktifitas kami terganggau dan kami juga khawatir untuk meninggalkan rumah karena takutnya air kembali meninggi," ujarnya.
Sementara itu, Ketua RT 06 Kelurahan Majasari, Gunadi mengatakan, banjir yang rutin terjadi jika hujan deras tersebut terjadi diduga akibat dibagian hilir sungai terjadi penyempitan dan pendangkalan air. "Di tempat kami ini jika hujan deras pasti banjir, sekarang ini cukup parah, sampai ketinggian pinggang dan rumah warga sudah kemasukan air," katanya.
Lanjutnya, disekitar tempatnya tinggal terdapat 106 kepala keluarga yang sebagian besar rumah warga terendam banjir. “Selain RT kami, di RT 05 dan 06 juga banjir bahkan lebih parah. Kami berharap pemerintah kota memiliki solusi mengatasi banjir ini sehingga tidak terjadi tiap hujan dan menyusahkan warga,” ujarnya.

(Agya S Yansori)

Komentar