Cemari Lingkungan, PT Pupuk Sriwijaja Didemo

Cemari Lingkungan, PT Pupuk Sriwijaja Didemo Unjuk rasa puluhan Dewan Lingkungan LSM dan Ormas Peduli Lingkungan di PT Pusri, Kamis (14/12).

RIMAUNEWS.COM, Palembang - Dianggap telah melakukan pencemaran lingkungan yang merugikan masyarakat sekitar, puluhan orang yang mengatasnamakan Dewan Lingkungan LSM dan Ormas Peduli Lingkungan yang terdiri dari 38 aliansi di Palembang melakukan aksi unjuk rasa, di depan PT Pupuk Sriwijaja (Pusri) Palembang, Kamis (14/12).

Saat unjuk rasa, nampak pendemo membawa keranda mayat dan spanduk orasi, massa meminta klarifikasi serta mempertanyakan komitmen PT Pusri didalam pembinaan lingkungan dan dinilai telah melanggar sebagaimana yang ada di dalam ketentuan Undang-Undang (UU) Lingkungan.


Koordinator Dewan Lingkungan LSM dan Ormas Peduli Lingkungan PT Pusri, Suparman Roman mengatakan, masyarakat yang tinggal di lingkungan sekitar yang bersinggungan langsung dengan operasional pabrik PT Pusri telah merasakan berbagai dampak negatif semenjak dibangunnya PT Pusri hingga sekarang.


“Selama PT Pusri tidak ada kepedulian terhadap lingkungan dan menciptakan dampak lingkungan seperti polusi bagi warga masyarakat sekitar,” kata Suparman.


Dalam aksi tersebut, Suparman yang mewakili warga, menuntut realisasi dari tiga belas butir komitmen yang telah dibahas bersama pihak PT Pusri.

“Selama ini mereka mengaku merugi dan masyarakat disekitar lingkungan PT Pusri selama ini tidak ada yang dibina,” pungkasnya.

(Hadi Wibowo)

Komentar