Hingga Pukul 5 Sore, Kalau Melanggar Dibubarkan dan Sita Alat Orgennya

Hingga Pukul 5 Sore, Kalau Melanggar Dibubarkan dan Sita Alat Orgennya Agus Martowardojo foto ilustrasi orgenan

RIMAUNEWS.COM, Pali - Tindakan tegas akan dilaksanakan oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Talang Ubi atas gelaran hiburan orgen tunggal yang disinyalir selama ini menjadi penyebab makin maraknya peredaran narkoba di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir atau PALI.
Selama ini, hiburan untuk memeriahkan pesta pernikahan digelar hingga dini hari, maka kini tak bisa lagi. Hiburan orgen hanya bisa digelar dengan waktu dibatasi hingga sore hari saja, kalau tidak akan ada sanksi diberikan.
Pukul berapa batas usai orgenannya, Kapolsek Talang Ubi, Kompol Suhardiman, Senin (11/12/2017) mengatakan membatasi izin hiburan orgen tunggal hanya sebatas pukul 17.00 WIB. Ya, kini berlaku hingga jam 5 sore hiburan rakyat tersebut bisa digelar, kalau masih melanggar maka bubar acara akan dilaksanakan.
“Bakal bertindak tegas dengan membubarkan hiburan tersebut dan bakal menyita alat orgen tunggal,”tegas Suhardiman. Bukan tanpa sebab, ketegasan ini dilaksanakan untuk menekan peredaran narkoba.
"Disinyalir peredaran narkoba marak dilakukan saat hiburan orgen tunggal, yang digelar sampai larut malam bahkan sampai pagi hari. Atas dasar itu,kami lakukan pembatasan izin hiburan orgen tunggal,"ulasnya.
"Meskipun barang laknat (narkoba) itu bukan berasal dari sini (Talang Ubu), melainkan masuk dari perairan wilayah kecamatan Penukal sana. Dan apabila ada yang melanggar, maka kami akan lakukan tindakan tegas," ujar Suhardiman.
Terkait payung hukumnya, kata dia, meskipun belum ada Perda yang mengatur hiburan orgen tunggal,namun demi menyelamatkan generasi muda atas bahaya narkoba, hal tersebut dilakukan jajaran Polsek Talang Ubi.

(Agya S Yansori)

Komentar