Ini Lima Golongan Masyarakat Rentan Sebar Radikalisme & Terorisme

Ini Lima Golongan Masyarakat Rentan Sebar Radikalisme & Terorisme Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Sumatera Selatan, Uzirman Irwandi.

RIMAUNEWS.COM, Palembang - Masyarakat memang sangat mudah dipengaruhi untuk menyebarkan paham radikalisme dan tindak perilaku terorisme. Sebab sejauh ini terdapat lima golongan masyarakat yang sering dijadikan pelaku teror untuk menyebarkan kedua paham tersebut.


Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Sumatera Selatan, Uzirman Irwandi menyebutkan, lima gorongan itu adalah masyarakat berpenghasilan rendah, masyarakat yang dimarjinalkan, tidak berpendidikan, diperlakukan tidak adil dan kelompok yang dari awal telah memahami atau tertarik dengan paham radikal.


“Kelima golongan itu sering disusupi para pelaku teror untuk direkrut sebagai anggota atau kelompok terorisme,” kata Uzirman, Rabu (13/12).


Menurut Uzirman, kelima golongan masyarakat tersebut rentan disusupi atau dipengaruhi pelaku teror dengan menanamkan idealisme dengan iming-iming alias tawaran surga dan perlawanan terhadap pemerintah yang dzalim.


“Ideologi terorisme yang dilakukan sekarang ini biasanya dilakukan dengan berbagai modus seperti uang dan akan masuk surga,” ungkap Uzirman.


Dia juga menambahkan, pihaknya menghimbau kepada Pemerintah terkait dan pihak keamanan setempat agar dapat mengawasi di lingkungan sekitar mereka, khususnya masyarakat pendatang yang baru masuk ke suatu daerah atau perkampungan.


“Seperti di RT, RW dan kemanan kampung atau hansip yang berjaga di lingkungannya agar dapat mengawasi segala hal baik gerak-gerilk dan masyarakat pendatang,” tukas dia.

(Hadi Wibowo)

Komentar