3 Kecamatan Ini Berpeluang Tambah 1 Dapil Lagi

3 Kecamatan Ini Berpeluang Tambah 1 Dapil Lagi Ketua KPUD OKU Timur H Leo Budi Rachmadi SE

RIMAUNEWS.COM, Martapura – Dalam pendapat sementara KPU Daerah (KPUD) OKU Timur, ada peluang di kabupaten tersebut untuk menambah 1 daerah pemilihan atau dapil lagi untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk DPRD Kabupaten OKU Timur tahun 2019 mendatang.

Memang, sifatnya masih sementara, karena untuk kepastian penambahannya akan dilakukan pengajuan ke pusat, dalam hal ini KPU RI. Alasannya, dari sisi jumlah penduduk yang ada sudah dianggap bisa menjadi 1 dapil baru, dari 5 dapil yang ada saat ini berdasarkan Pileg 2014 lalu.

Ketua KPUD OKU Timur H Leo Budi Rachmadi SE, mengatakan ketiga kecamatan yang mampu menjadi Dapil sendiri tersebut adalah Kecamatan Martapura, Belitang dan Kecamatan Buay Madang Timur.

Hanya saja untuk memastikan apakah dalam Pemilu Legislatif 2019 terdapat penambahan dapil atau tidak, yang berhak memutuskan adalah KPU RI. Pertimbanganya, ada beberapa kecamatan yang dilihat dari jumlah penduduk maupun mata pilihnya, kecamatan tersebut mampu berdiri menjadi satu dapil tersendiri.

Kabupaten OKU Timur yang terdiri dari 20 Kecamatan dalam Pemilu Legislatif 2014 lalu terdiri dari 5 Dapil. “Kita KPUD Kabupaten hanya mengusulkan saja beberapa opsi mengenai jumlah Dapil yang dilampiri penjelasan yang dapat dipertanggungjawabkan dan berita acara pleno usulan penataan dapil dan alokasi kursi,”jelas Leo.

Rencananya, sebelum tutup tahun ini akan ada lagi pembahasan hal tersebut, dimana KPUD OKU Timur akan mengajak kepada seluruh Parpol maupun elemen masyarakat untuk memberikan usulan dan masukan mengenai jumlah dapil sehingga menjadi salah satu dasar dalam memperkuat pengusulan dapil baru.

Untuk rapat kembali, diperkirakan akan berlangsung di 27 Desember nanti. “Sumbang saran dari unsur Parpol, masyarakat sangat dibutuhkan sekali dalam penataan dapil ini, namun tetap memperhatikan prinsip-prinsip penataan, mekanisme penghitungan alokasi kursi serta aturan hukum berlaku,” ulasnya.

(Agya S Yansori)

Tags

Komentar