Dapil di PALI Dibahas, KPU Sebut Ada 2 Syarat Utama

Dapil di PALI Dibahas, KPU Sebut Ada 2 Syarat Utama Logo KPU

RIMAUNEWS.COM, Pali- Berdasarkan undang-undang nomor 7 tahun 2013 tentang pembentukan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), otomatis daerah baru ini menjadi bagian dalam pembentukan Daerah Pemilihan (Dapil).
Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten PALI mengumpulkan seluruh elemen masyarakat dan partai politik yang ada di wilayah Bumi Serepat Serasan.
"Syarat pembentukan Dapil ada dua variabel, yakni variabel Kecamatan dan variabel penduduk," kata H Hasyim ketua KPUD PALI, Selasa (12/12/2017).
Ada 7 syarat lain, dalam pembentukan Dapil diantaranya adalah kesetaraan, integritas wilayah dan kesinambungan. Pada 7 unsur itu, tidak semuanya terpenuhi, namun ada pertimbangan-pertimbangan lain yang akan ditinjau untuk membentuk Dapil.
Menghadapi tahun politik yakni 2018 dan 2019, KPUD meminta dukungan semua pihak agar proses demokrasi bisa berjalan sukses.
Wakil Bupati PALI mengatakan dalam pembentukan Dapil serta penyusunan penempatan kursi anggota DPRD, pihak penyelenggara pemilu dalam hal ini, KPU harus selalu koordinasi dengan Pemkab PALI terutama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

(Agya S Yansori)

Komentar