Dukung Polri Tuntaskan Kasus 5 Komisioner KPU Palembang

Dukung Polri Tuntaskan Kasus 5 Komisioner KPU Palembang

RIMAUNEWS.COM, Palembang- Belasan mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang yang tergabung dalam Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) dan Forum Millenial Sriwijaya (FMS) mendatangi Polresta Palembang untuk memberikan dukungan kepada Polri khususnya Polresta Palembang dalam menangani kasus dugaan pelanggaran Pemilu yang menjerat 5 komisioner KPU Palembang.

Koordinator lapangan (Korlap), Samsul mengatakan, kedatangan pihaknya untuk memberikan dukungan kepada pihak Polri dalam menetapkan 5 Komisioner KPU Kota Palembang sebagai tersangka dalam kasus dugaan pelanggaran Pemilu 2019. “Kami mendukung kinerja Polri. Untuk itu, kami harap pihak Kejaksaan segera menuntaskan kasusnya dan segera menahan lima komisioner tersebut,” tegasnya dalam orasi di depan gerbang Polresta Palembang, Kamis (20/6).

Presiden Mahasiswa (Presma) DEMA UIN Raden Fatah Palembang, Rudianto Widodo mengatakan ada lima poin yang menjadi tuntutan pihaknya dalam aksi tersebut. Pertama, mengapresiasi kinerja Polri yang telah mengamankan Pemilu 2019 serta mendukung kinerja Polresta Palembang yang menindak tegas terhadap pelanggaran Pemilu oleh 5 Komisioner KPU Palembang. Kedua, meminta kepada DKPP sebagai dewan etik penyelenggara Pemilu untuk dapat memberi sanksi yang tegas terhadap 5 Komisioner KPU Palembang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka demi menjaga marwah demokrasi. Ketiga, Mendesak kepada DKPP untuk memberikan sanksi administrasi dengan mencabut status hukum sebagai komisioner terhadap 5 komisioner KPU Palembang. “Keempat, meminta kepada Kejari Palembang untuk segera melakukan pelimpahan perkara kepada pengadilan serta menyelesaikan perkara dengan UU yang berlaku tanpa ada intervensi dari pihak manapun. Dan yang kelima atau yang terakhir, untuk menjaga alat bukti yang ada segera tangkap dan penjarakan 5 komisioner Kota Palembang yang telah menjadi tersangka sebagai bentuk telah berjalannya proses hukum,” katanya.

Sementara itu, Kanit Tipikor Satreskrim Polresta Palembang, Iptu Hamsal mengungkapkanya, pihaknya telah menangani kasus tersebut sesuai dengan perundang-undangan dan berkas perkaranya sudah dilimpahkan ke Kejari Palembang. “Saya ucapkan terimakasih atas dukungan yang kalian berikan kepada Polri dalam mengawal demokrasi. Seperti diketahui, berkas perkara 5 komisioner KPU Palembang sudah kita serahkan ke Kejaksaan untuk diteliti, kita penyidik menunggu hasilnya,” ungkapnya.

(Aan Wahyudi)

Komentar