Faisal Anwar Sebut KPU Harus Tetap Mengacu Pada Aturan

Faisal Anwar Sebut KPU Harus Tetap Mengacu Pada Aturan Anggota DPRD dari Partai PAN, Faisal Anwar

RIMAUNEWS.COM, Muara Enim - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari Partai PAN, Faisal Anwar mengatakan, dalam menentukan Daerah Pemilihan (Dapil) Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus tetap berpegangan ada aturan yang ada, yakni Undang-Undang (UU).


"Jadi kedepannya, tidak terjadi kesalahan dan perdebatan usai melakukan penetapan tersebut. Juga penetapan tersebut tidak bisa dilakukan secara cepat, harus dengan tahapan tahapan," ujar dia, Selasa (12/12).


Lanjut Faisal, dampak dari pemekaran wilayah juga harus menjadi perhatian. Hal itu dikarenakan sangat penting, mengingat pemekaran terjadi pada saat pemilihan legeslatif yang sudah dilaksanakan.


“Dalam uji publik, keterlibatan komponen sangat penting. Seperti dari tokoh masyarakat, agama, adat, dan pemuda, serta insan pers harus menjadi bagian dalam uji publik tersebut," pungkasnya.


Sementara itu, hal serupa dikatakan Wakil Ketua DPC PDIP Muara Enim Bidang Keanggotaan, Ahmad Imam, bahwa KPU harus benar benar mengacu pada aturan yang ada dalam menentukan Dapil pada polkada mendatang.


"Hal itu tidak bisa dianggap sepele. Kangan sampai terjadi kesalah pahaman nantinya. Mengingat, penentuan dapil juga mengacu pada berbagai faktor khususnya geografis (wilayah, red)," tukas dia.

(Kurniawan)

Komentar