KPU Muara Enim Mulai Lakukan Verifikasi Faktual

KPU Muara Enim Mulai Lakukan Verifikasi Faktual Komisioner Divisi Tekhnis KPU Muara Enim, Ahyaudin.

RIMAUNEWS.COM, Muara Enim - Pasca melakukan verifikasi administrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muara Enim akan mulai melakukan verifikasi faktual untuk Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) yang melalui jalur perseorangan.


Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Muara Enim Rohani didampingi Komisioner Divisi Tekhnis Ahyaudin, Selasa (12/12). Menurutnya, sesuai jadwal saat ini, penyampaian asli dokumen dukungan calon perseorangan kepada PPS melalui PPK untuk dilakuakn verifikasi faktual yang sebelumnya telah memenuhi syarat administrasi.


Lanjut dia, tahap verifikasi administrasi ada tiga kegiatan yang dilaksanakan. Pertama, melakukan pengecekaan kebenaran data dokumen asli antara fotocoy KTP dengan surat dukungan, bila tidak memenuhi syarat dicerat. Kedua, mengecek dukungan kegandaan seperti satu orang dua kali mendukung dan terakhir mensikronkan data dukungan dengan DPT/DP 4 (Data pendukung Pontensial Pemilihan).


"Proses semua ini sudah dilaksanakan, dan telah lulus dalam syarat administrasi, kita lihat dari hasil faktualnya," ucap Rohani.


Ditambahkan Ahyaudin, dalam verifikasi faktual nanti akan dilaksanakan rekapitulasi tingkat desa, kecamatan dan Kabupaten. Akan terlihat jelas dukungan yang sudah dinyatakan memenuhi syarat.


Apabila jumlah dukungan tersebut diatas jumlah syarat minimum 35.149 KTP, lanjutnya, maka Paslon tersebut sudah dipastikan dapat mendaftar dengan tidak ada proses perbaikan, tetapi jika dukungan dibawah jumlah dukungan minimun, kekurangan tersebut harus dipenuhi kembali oleh paslon tersebut ke KPU dengan jumlah dua kali lipat untuk dilakukan proses lebih lanjut, tetapi tidak menghalangi mereka untuk mendaftar pada 8-10 Januari 2018.


"Kalau kurang 1000, berarti mereka harus menyampaikan tambahannya 2000 KTP," tukas Ahyaudin.

(Kurniawan)

Komentar