Lakukan Verifikasi Faktual, KPU Terjunkan 105 Petugas

Lakukan Verifikasi Faktual, KPU Terjunkan 105 Petugas Komisioner Divisi Program dan Data KPU Kota Pagaralam, Rahmat Qori Setiawan Amd

RIMAUNEWS.COM, Pagaralam- Untuk melakukan verifikasi faktual, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam akan menurunkan 105 petugas verifikasi.

Komisioner Divisi Program dan Data KPU Kota Pagaralam, Rahmat Qori Setiawan Amd mengatakan bahwa, verifikasi faktual yang akan dilakukan pada 12 desember hingga 25 Desember mendatang akan melibatkan petugas pemungutan suara (PPS) yang tersebar di 35 kelurahan. “Ada 105 petugas PPS yang nanti melaksanakan verifikasi faktual ini,” katanya.

Dijelaskannya, dalam melakukan verifikasi faktual tersebut pihaknya akan menggunakan metode sensus. “metode sensus ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada dan PKPU RI Nomor 3 tahun 2017 tentang Pencalonan,” jelas Qori

Dengan demikian, lanjut Qori, nantinya PPS akan mendatangi satu per satu pemilik bukti dukungan ke kediamannya masing-masing. “Kalau tidak ketemu orangnya, kita minta dihadirkan. Kalau memangg orangnya lagi ke luar kota, bisa kita hubungi secara realtime, misalnya menggunakan aplikasi video call,” ungkapnya.

Jika dalam verifikasi faktual tersebut diketahui bahwa yang didatangi tidak memberikan dukungan kepada balon maka akan langsung dicoret dari daftar dukungan. “Selama berlangsungya verifikasi faktual, bakal Paslon independen bisa mengirimkan satu orang timnya untuk mendampingi. Sehingga proses verifikasi faktual benar-benar diketahui semua pihak, termasuk para bakal Paslon independen,” ujar Qori.

(Agya S Yansori)

Komentar