Panglima TNI Selanjutnya Versi Gatot, Sudah Kaderisasi

Panglima TNI Selanjutnya Versi Gatot, Sudah Kaderisasi Jenderal Gatot Nurmantyo

Rimaunews.com, BOGOR – Diajukannya calon tunggal Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan segera pension sudah ada pertimbangan tersendiri.

Dalam pandangan Gatot, dari ketiga kandidat, KSAL, KSAU dan KSAD, hanya KSAU Marsekal Hadi-lah masa baktinya, paling lama atau masa pensiunnya. Ini menjadi pertimbangan, apalagi di 2018 dan 2019 akan menghadapi pilkada serentak, dan pemilihan umum, baik presiden hingga legislatif.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Selasa (5/12/2017) mengatakan dari tiga kepala staf angkatan yang memenuhi syarat, menurut saya, sebagai tahun politik, pertama KSAL bulan Mei pensiun.

“Kalau jadi Panglima TNI kan (KSAL), hanya sebentar. KSAD Januari 2019 (pensiun) dan KSAU ini sampai 2020 (pensiunnya). Sehingga bisa mempimpin TNI menghadapi tahun politik dengan lancar,”pertimbangan Gatot.

Ia mengucapkan syukur bahwa Presiden telah menentukan penggantinya. “Pengganti saya ini, seperti disampaikan dipersiapkan untuk menghadapi tantangan tugas ke depan. Tantangan tugas ke depan adalah tahun politik.”

Gatot pun menilai Jokowi telah mempersiapkan regenerasi pergantian Panglima TNI sudah sesuai aturan kaderisasi yang ditentukan. “Ini yang sudah dipersiapkan secara regenerasi. Penyiapan kader-kader yang disiapkan sudah sejak awal. Saya ucapkan terima kasih bahwa langkah-langkah ini sudah dilakukan,” ulasnya.

 

(Agya S Yansori)

Tags

Komentar