Tempatkan Satu Pengawas Pemilu Lapangan di Tiap Desa

Tempatkan Satu Pengawas Pemilu Lapangan di Tiap Desa Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Muara Enim, Suprayitno.

RIMAUNEWS.COM, Muara Enim - Pengumuman pendaftaran Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) untuk Pilkada Muara Enim 2018 dan Pilgub Sumsel resmi dibuka 20-24 Desember 2017. PPL digadang-gadang menjadi ujung tombak pengawasan dan sekaligus penentu kualitas Pilkada yang dimulai dari tingkat desa atau kelurahan, di Kabupaten Muara Enim.


Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Muara Enim, Suprayitno menerangkan sebelumnya jumlah PPL di tiap desa atau kelurahan bervariasi tergantung jumlah pemilih atau sebaran tempat pemungutan suara (TPS).


Namun berdasar regulasi terbaru, katanya jumlah PPL hanya satu orang di tiap desa atau kelurahan. Meski begitu, kinerja PPL saat Pilkada Muara Enim 2018 akan tetap bisa maksimal, karena dibantu dengan kehadiran pengawas di tiap-tiap TPS.


“Proses seleksi PPL akan digelar secara transparan dan profesional,” kata Suprayitno, Jumat (22/12).


Menurutnya, yang terpenting ialah dalam perekrutan nanti memperhatikan dan mematuhi peraturan yang ada. Selain itu, petugas PPL tidak boleh dari partai politik (parpol) peserta Pemilu atau salah satu tim sukses salah satu calon peserta Pilkada.


Untuk pendaftaran dibuka sejak 20-24 Desember 2017, di sekretariat masing-masing panwascam. Atau bisa langsung diantar ke kantor Panwaslu Kabupaten Muara Enim di Jl SMB II depan RSUD HM Rabain Muara Enim. Sedangkan syarat pendaftaran bisa dilihat di Panwascam dan kantor Panwaslu Kabupaten Muara Enim.


“Untuk jumlah PPL satu orang untuk satu desa atau kelurahan, yang kita terima,” tukas Suprayitno.

(Kurniawan)

Tags

Komentar