Unik, Di Desa Ini Terjadi Pemilihan Ulang BPD

Unik, Di Desa Ini Terjadi Pemilihan Ulang BPD

RIMAUNEWS.COM, Muara Enim- Hal unik terjadi di pesta demokrasi tingkat paling bawah ini yaitu pada pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dusun V Desa Gunung Megang Luar kecamatan Gunung Megang, kabupaten Muara Enim. Dalam pemilihan ini hal unik terjadi karena sebanyak pemilihan anggota BPD di wilayah perdesaan yang ada di kabupaten Muara Enim belum ada yang terjadi pemilihan ulang.

Ketua Panitia Pemilihan BPD dusun V desa Gunung Megang Luar menerangkan pemilihan ulang ini terjadi karena terdapat suara tertinggi yang sama antara dua orang calon anggota BPD yang ikut serta bertarung pada pemilihan ini. "Sebelumnya sudah diadakan pemilihan yang diikuti oleh tiga orang calon Anggota BPD. Namun pada pemilihan itu terdapat dua orang yang memiliki suara terbanyak yang sama dan ketika dilakukan penilaian terhadap tiga kategori penilaian keduanya juga memiliki pendidikan, pengalaman, dan usia yang sama hingga akhirnya diadakan pilihan ulang terhadap kedua calon suara yang tertinggi ini untuk menentukan pemenangnya,"terangnya pada awak media, Selasa (15/10) di lokasi pemilihan.

Masih katanya, dalam pemilihan ulang ini didapatlah pemenangnya yaitu Aditiya Novrianto dengan perolehan suara tertinggi. "Pada saat pilihan pertama kedua calon yang maju pada pilihab ulang ini memiliki suara 26 suara yaitu calon atas nama Rustam Mediansyah dan Aditiya Novrianto dan satu calon lain yaitu Rahman hanya mendapatkan 21 suara sedangkan suara tidak sah berjumlah 2 suara yang tidak memilih satu suara. Sedangkan pada pemilihan ulang ini dimenangkan oleh Aditiya dengan total suara 44 dan calon Rustam 30 suara sedangkan suara tidak sah 1 dan yang tidak memilih 1 keluarga," lanjutnya.

Sementara itu Kapolsek Gunung Megang AKP. Feryanto yang melakukan monitoring mengucapkan selamat kepada yang terpilih dan berharap kepada calon, tim pemenangan, ataupun simpatisan calon BPD agarbmampu menjaga kondusifitas dan keamanan lingkungan pasca pelaksanaan pemilihan ini. "Semoga semua kondusif kalau ada seketa hendaknya dilakukan degan musyawarah mufakat supaya tidam terjadi perpecahan di masyarakat karena ini adalah bentuk edukasi berpolitik di level terbawah yang diadakan di negeri ini," pungkasnya.

(Kurniawan)

Komentar